Sukabumi (ANTARA News) - Sebanyak 30 perusahaan yang bergerak di beberapa sektor baik tingkat lokal maupun nasional membuka lowongan di Bursa Kerja Kota Sukabumi, Jawa Barat, 17-18 Juli 2018.

"Perusahaan yang mengikuti Job Fair atau Bursa Kerja ini bergerak di bidang perhotelan, perbankan, pariwisata, kuliner, sewa beli dan lain-lain," kata Pelaksana Tugas Dinas Tenaga Kerja Kota Sukabumi Iyan Damayanti di Sukabumi, pada pembukaan Bursa Kerja Kota Sukabumi 2018 di Lapang Merdeka Kota Sukabumi, Selasa.

Menurutnya, di Job Fair yang dibuka selama dua hari ini tersedia sekitar 6 ribu hingga 7 ribu lowongan pekerjaan.

Ia mengharapkan warga Kota Sukabumi yang belum mendapatkan atau tengah mencari pekerjaan untuk memanfaatkannya.

Selain itu, pihaknya juga mengimbau kepada perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan itu agar memprioritaskan pencari kerja asal Kota Sukabumi sesuai dengan kebutuhan dan keahliannya.

Lanjut dia, Job Fair seperti rutin dilaksanakan setiap tahunnya yang tujuannya untuk menekan angka pengangguran. Pada tahun ini pihaknya menargetkan 5 ribu pencari kerja dapat disalurkan dan ditempatkan di berbagai perusahaan.

"Kami berharap pada bursa kerja ini minimalnya 3 ribu pencari kerja asal Kota Sukabumi bisa terekrut untuk menekan angka pengangguran apalagi di tahun ajaran baru ini pencari kerja meningkat seiring dengan kelulusan pelajar maupun mahasiswa," tambahnya.

Sementara, salah seorang pencari kerja asal Kota Sukabumi Siti Aisyah mengatakan dirinya baru lulus sekolah dan memilih bekerja dibandingkan melanjutkan kuliah. Adanya Bursa Kerja ini cukup membantu dirinya dan rekan-rekannya dalam mencari lowongan pekerjaan.

"Saya sudah memasukan empat lamaran ke perusahaan berbeda yang bergera di bidang jasa perbankkan dan perhotelan. Diharapkan saya bisa direkrut menjadi tenaga kerja di salah satu perusahaan tersebut," katanya.

(KR-ADR/A013)

Pewarta: Aditia Aulia Rohman
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2018