London (ANTARA News) - Klub Liga Utama Inggris Liverpool merekrut kiper Brazil, Alisson Becker asal klub AS Roma, Kamis waktu setempat (Jumat WIB) dengan bayaran yang memecahkan rekor baru untuk seorang penjaga gawang.

Menurut klub tersebut, Liverpool sudah mencapai kata sepakat dengan harga 84 juta dolar AS untuk mendapatkan kiper berusia 25 tahun itu, memecahkan rekor sebelumnya senilai 53 juta dolar AS milik kiper Juventus, Gianluigi Buffon.

"Saya benar-benar gembira, merupakan impian yang menjadi kenyataan untuk mengenakan kaus prestisius untuk klub seukuran ini, yang terbiasa untuk selalu menang," kata Allison.

"Dalam hidup dan karier saya, ini merupakan langkah besar untuk menjadi bagian klub dan keluarga ini."

Manajer Liverpool Juergen Klopp berkata peluang untuk "merekrut salah satu kiper terbaik di dunia" terlalu bagus untuk dilewatkan.

"Pada satu titik dalam beberapa pekan terakhir, peluang untuk merekrut salah satu kiper terbaik dunia -- maka tidak perlu berpikir lama, sejujurnya, Anda hanya perlu melakukan sedikit pembicaraan dengan para pemilik. Mereka benar-benar senang, maka kami melakukannya."

"Menurut saya ini adalah sesuatu yang harus kami lakukan. Kami tidak bermasalah dengan harga, kami tidak ada urusan dengan harga, itulah bursa, itulah bagaimana hal itu berjalan, dan kami tidak akan banyak memikirkannya."

Baca juga: Liverpool rekrut kiper termahal Alisson

Direktur Olahraga AS Roma, Ramon Rodriguez Verejo alias Monchi sebelumnya mengatakan bahwa itu merupakan keputusan sulit bagi klub Italia tersebut, yang menjual Mohamed Salah ke Liverpool pada tahun lalu, untuk berpisah dengan aset penting lain mereka.

"Ini sulit ketika Anda adalah direktur olahraga. Kami menerima tawaran yang signifikan untuk Alison dan kami mengevaluasinya," kata Monchi kepada para pewarta.

"Pada akhirnya, kami mengambil keputusan dan, berbicara dengan Liverpool, kami mencapai kesepakatan. Ini bukan berarti kami kurang ambisi. Kami hanya menjual dua pemain dan kami merekrut sepuluh (pemain), dan kami akan terus mengincar pemain-pemain papan atas."

Alisson mencatatkan 17 "clean sheet" dari 37 penampilan bersama AS Roma sapanjang musim lalu dan ikut mengantar klub Seri A Italia itu mencapai semifinal Liga Champions, sebelum kemudian disingkirkan Liverpool.

Kiper tersebut juga memperkuat tim nasional Brazil dalam seluruh lima penampilan Piala Dunia 2018 Rusia sebelum langkah Tim Samba terhenti di perempat-final setelah ditaklukkan Belgia.

Masalah kiper menjadi sesuatu yang problematis untuk Liverpool asuhan Klopp, di mana Loris Karius dan Simon Mignolet kesulitan untuk mempertahankan posisi mereka di tim inti musim lalu.

Karius menjalani malam yang bagai mimpi buruk pada final Liga Champions musim lalu, melakukan dua kesalahan yang membantu terciptanya dua gol yang bersarang di gawangnya saat mereka kalah 1-3 dari Real Madrid. Demikian dilansir Reuters. (H-RF)

Baca juga: Kiper Italia Buffon pensiun akhir musim ini

Baca juga: Kiper Roma akui Mo Salah sama mengerikannya dengan Messi

Baca juga: Liverpool tak butuh kiper baru, tegas Klopp

Pewarta: Antara
Editor: Monalisa
Copyright © ANTARA 2018