Jakarta (ANTARA News) - Partai-portai politik belum lama ini mengumumkan sederet nama figur publik mulai dari mantan petinju, penyanyi hingga pemain sinetron yang mereka gadang-gadang bakal masuk daftar calon anggota legislatif untuk Pemilu 2019. 

Anggota Komisi IX DPR RI, Okky Asokawati menyarankan calon pemilih melihar rekam jejak para calon sebagai salah satu bahan pertimbangan mereka. 

"Kita lihat track recordnya. Si public figure ini sebelumnya bagaimana. Memang betul kalau seseorang punya track record masing-masing, bisa negatif bisa positif," ujar dia kepada ANTARA News, Senin. 

Baca juga: Giring: Banyak artis jadi caleg karena Jokowi

Kalaupun rekam jejaknya negatif, calon anggota legislatif ini harus bisa meyakinkan calon pemilihnya bahwa dia akan menjadi pribadi yang lebih baik bila nantinya terpilih menjadi anggota dewan. 

Selain itu, pertimbangkan prestasi yang sudah pernah dicapai sang calon pada bidang yang dia geluti sebelumnya. 

"Karena biasanya seseorang yang high achiever di satu bidang, di bidang lainnya dia akan mempunyai etos dan kerja yang sama untuk mencapai prestasi puncak," tutur politisi partai NasDem itu. 

Ketiga, soal pendidikan. Menurut Okky, sistematisasi berpikir, lalu kemampuan public speaking yang tertata menjadi salah satu modal sang calon bila nanti terpilih menjadi anggota dewan. 

Baca juga: Prediksi peluang bacaleg artis di Pemilu 2019 menurut Okky Asokawati

Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2018