Lansia jangan dipandang sebagai penonton yang hanya menyaksikan
Jakarta (ANTARA News) - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berharap warga lanjut usia (lansia) dapat aktif mengisi hari tua dengan terus berkarya.

"Tren di dunia harapan hidup makin panjang, di hampir semua masyarakat jumlah lansia mengalami peningkatan. Bila lansia diajak terlibat berkegiatan baik di komunitas maupun tempat yang lain maka kehadiran mereka memberi manfaat," kata Anies pada acara Peringatan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) XXII Tingkat Provinsi DKI Jakarta Tahun 2018 di Taman Margasatwa Ragunan, Jakarta Selatan, Selasa.

Dia meminta semua kegiatan-kegiatan diusahakan untuk bisa memberikan ruang bagi para lansia untuk terlibat. Tentu keterlibatannya sesuai dengan porsi dan peran yang bisa mereka lakukan.

"Lansia jangan dipandang sebagai penonton yang hanya menyaksikan, lansia sebagai bagian dari masyarakat yang sudah punya pengalaman untuk terlibat," kata Anies.? ?

Dia juga mengajak kalangan generasi muda untuk memberikan cinta kasih kepada lansia. "Ini adalah kesempatan, pandanglah orang tua lanjut usia sebagai istilah saya, sumur pahala, kita akan bisa menimba tanpa batas karena dengan kita memberikan kasih sayang, perhatian menunjukkan kecintaan, Insha Allah ini menjadi berkah bagi kita," kata Anies.

Anies juga menyampaikan komitmen Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk memfasilitasi lansia, sebagai bentuk kepedulian dan penghargaan pada Lansia.

Saat ini Pemprov DKI Jakarta memberikan program kesejahteraan sosial kepada lansia kurang mampu/miskin melalui Kartu Lansia Jakarta (KLJ).?

"Upaya peningkatan kesejahteraan sosial bertujuan memperpanjang usia harapan hidup dan masa produktif, terwujudnya kemandirian dan kesejahteraannya, terpeliharanya sistem nilai budaya dan kekerabatan bangsa Indonesia, serta mendekatkan diri kepada Tuhan Yang Maha Esa salah satunya adalah memberikan perlindungan terhadap lanjut usia untuk mendapatkan haknya," kata Anies.


Baca juga: Lansia diminta tetap aktif dan produktif
Baca juga: Lansia bukan beban tapi penyangga pembangunan

 

Pewarta: Susylo Asmalyah
Editor: M. Arifin Siga
Copyright © ANTARA 2018