Perusahaan dengan visinya menjadi Leading Digital Telco, menyediakan infrastruktur digital dan konektivitas terbaik untuk mendukung tranformasi digital
Jakarta (ANTARA News) - Indosat Ooredoo Business resmi menghadirkan inovasi dengan meluncurkan Internet of Things atau IoT Connect untuk memperkuat posisi perusahaan sebagai hub dari ekosistem IoT.

"Perusahaan dengan visinya menjadi Leading Digital Telco, menyediakan infrastruktur digital dan konektivitas terbaik untuk mendukung tranformasi digital," kata Director & Chief Business Officer Indosat Ooredoo Herfini Haryono dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Selasa.

IoT Connect adalah Connectivity Management Platform yang didukung oleh Ericsson dengan data center berlokasi di Indonesia, dan menjadi yang pertama di Asia Tenggara, memungkinkan tingkat keamanan yang lebih baik dan bandwidth lebih tinggi untuk penggunaan IoT seperti streaming.

Platform ini menyediakan layanan self-service berbasis web yang memungkinkan visualisasi, monitoring dan kontrol SIM card yang terpasang di berbagai perangkat/mesin baik statis atau bergerak melalui jaringan selular secara real-time.

Dikatakan, IoT adalah potensi pertumbuhan bisnis besar bagi perusahaan dan pemanfaatan IoT akan memungkinkan transformasi digital menjadi nyata pada berbagai bidang.

Perusahaan juga mendukung inisiatif Industry 4.0, Smart City dan sistem transportasi pintar di Indonesia dengan menyediakan layanan terbaik sesuai kebutuhan pasar. IoT Connect melengkapi portfolio produk Indosat Ooredoo Business yang selalu terdepan dalam inovasi untuk kebutuhan pelanggan.

Group Head Business Marketing Indosat Ooredoo, Rangarajan, menambahkan, melalui IoT Connect, perusahaan menyediakan koneksi IoT dengan memanfaatkan pusat data berlokasi di dalam negeri yang didukung oleh Ericsson yang pertama di Asia Tenggara dengan menghadirkan keuntungan di antaranya latency yang lebih rendah, bandwidth lebih besar, dukungan 4G dan mampu menangani pola koneksi massive IoT seperti NB-IOT dengan konsumsi daya rendah dan jangkauan yang lebih luas.

Perusahaan akan selalu mendorong inovasi terdepan yang berangkat dari pemahaman atas kebutuhan pelanggan dan perkembangan teknologi terbaru.

IoT Connect menyediakan fitur-fitur realtime control dan monitoring, diagnostic dan security, otomasi proses bisnis, flexible pricing, dan lean innovation environment.

Seiring dengan cita-cita Indonesia sebagai negara dengan ekonomi digital terbesar di ASEAN dan menuju ekonomi terbesar ke-6 di dunia pada tahun 2030, saat ini transformasi digital sedang bergerak dengan cepat baik pada sektor bisnis maupun pemerintahan.

Pelaku usaha dituntut untuk berinovasi menciptakan keunggulan kompetitif di era digital guna mencari sumber pendapatan yang lebih besar secara efektif, mencari cara untuk meningkatkan efisiensi biaya dan inovasi produk untuk melayani pelanggan dengan lebih baik.

Pelayanan publik pun dituntut untuk menghadirkan layanan yang cepat, sederhana dan transparan melalui penerapan Smart City. Transportasi pintar yang terintegrasi dan murah dimungkinkan dengan memanfaatkan infrastruktur dan teknologi digital. Berbagai inisiatif nyata telah dilakukan seperti Industry 4.0 melalui "Making Indonesia 4.0" dan Smart City di 100 kota/kabupaten di Indonesia.

Pola koneksi bersifat massive IoT ataupun ultra high speed & ultra reliable tidak hanya membutuhkan jenis infrastruktur berbeda seperti NB (Narrowband)-IoT, LTE-M maupun 5G, namun juga membutuhkan platform manajemen koneksi yang lengkap dan handal.

Baca juga: Indosat Ooredoo implementasi smart city di Sidoarjo

 

Pewarta: Ahmad Wijaya
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2018