Jakarta (ANTARA News) - Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi mengatakan bahwa Asian Games yang akan diselenggarakan di Jakarta dan Palembang, tidak hanya sebagai kompetisi olahraga, tetapi harus dimanfaatkan sebagai ajang untuk merekatkan persahabatan dan perdamaian.

Hal tersebut disampaikan Menlu RI saat bertemu Presiden Korea Selatan, Moon Jae-in di Kantor Kepresidenan Korsel, Blue House pada Jumat (27/7), seperti disampaikan dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Jumat.

Sebagai utusan khusus Presiden RI, Menlu Retno Marsudi, secara langsung menyampaikan undangan Presiden Joko Widodo kepada Presiden Moon untuk hadir pada acara pembukaan Asian Games di Jakarta pada 18 Agustus 2018.

Menlu RI menyambut baik rencana Korea Selatan dan Korea Utara untuk membentuk tim bersama pada beberapa cabang olahraga di Asian Games 2018, antara lain bola basket wanita, kano dan dayung.

Presiden Moon menyampaikan penghargaan terhadap konsistensi pemerintah Indonesia dalam mendukung perdamaian di Semenanjung Korea. Presiden Moon merujuk pada pesan perdamaian yang disampaikan Presiden Joko Widodo kepada Duta Besar Korea Selatan dan Korea Utara di Jakarta pada 30 April 2018.

Pada kesempatan itu, Presiden Moon juga menyatakan sepakat dengan Menlu RI mengenai pentingnya peningkatan berbagai kerja sama konkret sebagai tidak lanjut Kemitraan Strategis Spesial yang telah dimiliki oleh kedua negara.

Sebelumnya Menlu RI telah melakukan pertemuan bilateral dengan Menlu Korea Selatan, Kang Kyung-wha di Seoul pada 26 Juli 2018.

Baca juga: Indonesia dukung proses perdamaian denuklirisasi Semenanjung Korea

Baca juga: Menlu: Indonesia-Korsel intensifkan kerja sama ekonomi

Pewarta: Yuni Arisandy Sinaga
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2018