Bekasi (ANTARA News) - Pemerintah Kota Bekasi, Jawa Barat, mengerahkan ribuan aparatur untuk bergotong royong membersihkan Stadion Patriot Chandrabaga, Bekasi, Jumat, menjelang pemanfaatannya sebagai arena sepak bola Asian Games 2018.

Kegiatan ini dilakukan dengan bergotong royong dikarenakan ketiadaaan anggaran khusus untuk keperluan Asian Games," kata Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Bekasi Tedi Hafni di Bekasi.

Menurut dia, kegiatan yang diselenggarakan sejak pagi hingga sore hari itu merupakan rangkaian kegiatan penataan kawasan stadion di Jalan Ahmad Yani itu agar lebih bersih dalam menyambut tamu dari negara peserta Asian Games 2018.

"Mereka berasal dari seluruh Organisasi Perangkat Daerah yang ada. Datang dengan sumbangsihnya masing-masing, ada yang bawa koas, cat, pengki, sapu dan lainnya," katanya.

Area kerja bakti juga dipetakan berdasarkan OPD, misalnya penataan taman dekat gerbang masuk dilakukan oleh pegawai dari Dinas Tata Ruang.

Kemudian pengecatan trotoar stadion yang sudah memudar dilakukan aparatur dari sejumlah OPD yang berbekal cat dari instansi masing-masing.

Sisanya, melakukan bersih-bersih stadion dari sampah juga coretan akibat aksi vandalisme oknum tak bertanggung jawab.

"Kami mohon dukungan warga untuk sama-sama menjaga kebersihan dan keindahan di sekitar stadion, juga wilayah Kota Bekasi pada umumnya demi kesan yang baik saat menyambut tamu," ujarnya.

Dispora Kota Bekasi juga mulai membatasi aktivitas di sekitar stadion guna mengantisipasi aktivitas negatif yang bisa merusak estetika stadion.

Aktivitas olahraga masyarakat umum yang selama ini memanfaatkan sejumlah sudut-sudut stadion untuk berolahraga, diimbaunya untuk mencari tempat lain hingga gelaran Asian Games usai.

"Harap maklum untuk beraktivitas di luar pagar stadion," ujarnya.

Baca juga: Seluruh arena Asian Games di Jawa Barat siap digunakan
 

Pewarta: Andi Firdaus
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2018