Jakarta (ANTARA News) - Pawai Obor Asian Games 2018 yang akan berlangsung di Kota Palembang pada Sabtu (4/8) akan menempuh jarak 24 kilometer yang dimulai dari Plaza Stadion Gelora Sriwijaya menuju Benteng Kuto Besak.

"Obor Asian Games akan dibawa secara estafet oleh 22 pelari, termasuk duta obor, para atlet, dan mantan atlet. Mereka akan didampingi tim keamanan, tim perawatan obor, dan tim penjaga waktu," kata Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Sumatera Selatan Ahmad Yusuf Wibowo di Palembang, Jumat.

Para pelari itu, lanjut Yusuf, akan membawa obor sambil berlari dengan jarak 100 meter untuk masing-masing pelari.

"Rute yang dilalui itu adalah jalan-jalan protokol di Palembang serta melalui sungai Musi. Kirab melalui sungai itu juga akan masuk destinasi wisata nasional yang berada di Palembang," kata Yusuf.

Menteri Pertahanan Ryamirzad Ryacudu dijadwalkan akan menyerahkan obor Asian Games di Palembang kepada Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin. Penyerahan obor itu sekaligus menjadi permulaan rangkaian pawai obor di Sumatera Selatan.

Rangkaian pawai obor Asian Games di kota Palembang akan berakhir di Rumah Dinas Wali Kota Palembang setelah obor melalui rangkaian kirab Sungai Musi.

"Sejak Minggu (5/8), obor Asian Games akan dikirab ke enam kabupaten dan kota di Sumatera Selatan yaitu Banyuasin, Musi Banyuasin, Pali, Prabumulih, Ogan Ilir, dan Ogan Komeling Ilir," kata Yusuf.

Obor Asian Games itu, menurut Yusuf, akan dibawa menuju Kabupaten Tulang Bawang Provinsi Lampung setelah melalui kirab di Kabupaten Ogan Komeling Ilir Sumatera Selatan. 

Baca juga: Domba Garut pun turut ramaikan kirab obor Asian Games 2018

Baca juga: 52 penerjun kawal api obor Asian Games 2018

Baca juga: Candi Muaro Jambi diharapkan mendunia lewat api Asian Games 2018

Pewarta: Imam Santoso
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2018