Jambi (ANTARA News)- PT Perkebunan Nusantara III Holding selaku pelaksana Program BUMN Hadir untuk Negeri (BHUN) 2018 di Provinsi Jambi, menggelar kegiatan pasar murah dengan menyediakan 522 paket sembako bagi masyarakat prasejahtera di Kabupaten Tanjungjabung Timur (Tanjabtim).

Ketua Panitian BUMN Hadir Untuk Negeri 2018 penanggung jawab Jambi, M Irfan Ichlas di Jambi, Selasa, mengatakan, kegiatan pasar murah tersebut digelar dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan Indonesia yang ke-73 dan merupakan salah satu rangkaian program "BUMN Hadir Untuk Negeri".

"Kegiatan ini intinya untuk berbagi kebahagiaan dalam rangka HUT ke-73 RI, semoga bangsa Indonesia semakin maju dan masyarakatnya pun semakin sehat dan sejahtera," kata M irfan Ichlas saat membuka kegiatan pasar murah itu.

Pasar murah tersebut yang digelar di Desa Lagan Tengah itu menjual paket sembako murah yang dikhususkan bagi masyarakat pra sejahtera yang bermukim di empat desa, yakni Desa Lagan Tengah, Sungai Tawar, Merbau dan Pandan Jaya di Kecamatan Geragai.

Keempat desa itu berada di sekitar wilayah kerja perkebunan kelapa sawit PT Mendahara Agrojaya Industri yang merupakan unit usaha dari PTPN6.

"Kegiatan pasar murah tersebut sebagai bentuk kepedulian BUMN terhadap masyarakat, sehingga kami bisa selalu hadir di tengah-tengah masyarakat di sekitar wilayah kerja perusahaan," katanya.

Dia mengatakan, paket sembako murah itu disediakan sebanyak 522 paket dengan harga jual Rp25.000 per paket dengan menunjukkan kupon yang telah diberikan sebelumnya. Isinya beras premium 5 kilogram , gulas pasir 1 kilogram, minyak goreng 1 liter dan teh celup 2 kotak.

Paket yang berisi sejumlah kebutuhan pokok tersebut dijual lebih murah dibanding dengan harga di pasaran yang harga jualnya mencapai Rp100 ribu.

Uang hasil penjualan paket sembako murah itu lanjut Irfan Ichlas, nantinya akan langsung disumbangkan ke panti asuhan dan pesantren di wilayah Provinsi Jambi.

Baca juga: 35 BUMN ini bikin warga kurang mampu tak lagi pakai lampu teplok


Kegiatan pasar murah itu salah satu realisasi Program BHUN 2018 di Jambi yang dimotori PTPN (Persero) Holding yang diwakili PTPN3, PTPN4, PTPN5, dan PTPN6.

Kepala Desa Merbau, Dullah mengatakan dengan hadirnya program BHUN 2018 melalui kegiatan pasar murah tersebut dapat membantu meringankan pemenuhan kebutuhan pokok masyarakat di desanya.

"Ini sangat membantu untuk masyarakat di desa kami, karena selama ini penghasilan ekonomi sebagian masyarakat sedang menurun, karena harga sawit, buah pinang sedang turun juga," kata dia.

Menurut dia, ini juga membantu aparat pemerintah desa untuk menyosialisasikan agar masyarakat turut menyukseskan acara Asian Games 2018 dengan cara tidak membakar lahan.

"Di sini sebagian besar lahan gambut, jadi turut membantu sosialisasi pencegahan karhutla, karena kita langsung bertatap muka dengan masyarakat, kami mohon masyarakat agar berhati-hati dan tidak membakar kebun," katanya.

Sementara itu, salah seorang warga penerima paket sembako, Tumini (54) mengucapkan terima kasih atas hadirnya pasar murah yang digelar perusahaan BUMN itu.

"Kami berharap kegiatan seperti ini ke depannya dapat terus diadakan," kata Tumini

Baca juga: Sejumlah BUMN bantu penanganan korban gempa Lombok
 Baca juga: Kementerian BUMN dikunjungi Siswa Mengenal Nusantara

 

Pewarta: Syarif Abdullah
Editor: Dewanti Lestari
Copyright © ANTARA 2018