BUMN Hadir - Siswa Mengenal Nusantara Manado jelajahi Pulau Rote

BUMN Hadir - Siswa Mengenal Nusantara Manado jelajahi Pulau Rote

Perwakilan peserta Siswa Mengenal Nusantara (SMN) Jawa Barat menampilkan tarian saat pelepasan dan penerimaan peserta SMN di Gedung Sate, Bandung, Jawa Barat, Jumat (10/8/2018). Kegiatan tersebut bertujuan untuk menanamkan rasa bangga dan cinta tanah air kepada siswa-siswi SMA dan SMK sedini mungkin dan mengajak untuk melihat potensi keberagaman Indonesia. ANTARA FOTO/M Agung Rajasa/foc/18.

bangsa yang kaya akan potensi, beranekaragam budaya yang harus dihargai dan dijaga bersama-sama
Ba`a, Pulau Rote, (ANTARA News) - Sebanyak 23 peserta Siswa Mengenal Nusantara (SMN) tahun 2018 asal Provinsi Sulawesi Utara yang melakukan pertukaran kunjungan ke Nusa Tenggara Timur, diajak mengunjungi Pulau Rote, Sabtu

Rombongan peserta SMN bersama sejumlah pendamping serta pihak PT Pegadaian Area Kupang selaku fasilitator itu berangkat dari Bandara El Tari Kupang pada Sabtu, pukul 06.30 Wita dan tiba di Bandara D. C Saudale Rote Pukul 07.10 Wita.

Deputi Bisnis PT Pegadaian Area Kupang, I Ketut Winata, menjelaskan kunjungan peserta SMN dari Sulawesi Utara ke Rote sebagai pulau yang terselatan di RI itu untuk menjelajahi berbagai destinasi wisata di daerah itu.

Selama berada di Rote, rombongan berkunjung ke sejumlah destinasi wisata seperti Gerbang Batu Pantai Oeseli, Pantai Nemberala, Tangga Bukit Mando`o.

"Ada Pantai Nemberala di sana yang kita tahu merupakan tempat berselancar yang sangat terkenal dan banyak wisatawan datang ke sana sehingga kami ingin membawa peserta dari Manado untuk melihatnya," katanya.

Ia mengatakan, kunjungan ke berbagai destinasi wisata itu untuk memperlihatkan kepada para peserta tentang berbagai potensi alam dan kekayaan wisata dan budaya yang dimiliki NTT.

Dengan begitu, lanjutnya, dapat menambah wawasan para peserta SMN sebagai generasi muda tentang kekayaan dan keanekaragaman NTT dan secara umum di Indonesia.

"Ini yang mau ditunjukkan, agar generasi muda memahami bangsa ini sebagai bangsa yang kaya akan potensi, beranekaragam budaya yang harus dihargai dan dijaga bersama-sama," katanya.

Baca juga: Rini: program SMN perkuat wawasan kebangsaan siswa
Baca juga: BUMN Hadir - Disdik: Perbanyak peserta siswa mengenal nusantara
Baca juga: Pangdam: latihan bela negara memperluas wawasan SMN


Kunjungan peserta SMN ke Pulau Rote akan berlangsung sehari dan rombongan akan bertolak kembali ke Kota Kupang pada sore harinya untuk melanjutkan kegiatan program SMN-2018 di daerah itu.

Ia menambahkan, sebelumnya para peserta telah menjalani kegiatan selama dua hari berturut-turut dari 9-10 Agustus bersama prajurit TNI di lingkungan Korem 161/Wira Sakti Kupang.

Selanjutnya, para peserta akan berkunjung ke berbagai destinasi wisata di Kupang dan sekitarnya seperti museum, produk kerajinan tangan, serta berkunjung ke sejumlah BUMN di antaranya PT Pegadaian (Persero), PT Asabri, dan PT Garam (Persero). 

Pewarta: Aloysius Lewokeda
Editor: Zita Meirina
COPYRIGHT © ANTARA 2018

PT KIM bagikan tiga ribu sembako bagi warga dan medis

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar