Kami berharap dengan pengalaman ini peserta  mampu meningkatkan toleransi dan saling menghargai dan menghormati antar sesama.
Palangka Raya  (ANTARA News) - Asuransi Kredit Indonesia (Askrindo) melalui program Siswa Mengenal Nusantara (SMN) 2018 memperkenalkan berbagai budaya Suku Dayak di Provinsi Kalimantan Tengah kepada 23 siswa siswi dari Yogyakarta.

"Para peserta SMN dari Yogyakarta selama di Kalimantan Tengah akan diajarkan berbagai hal termasuk di perkenalkan berbagai budaya masyarakat setempat," kata Sekretaris Askrindo, Denny S Adji di Palangka Raya, Minggu malam disela acara pembukaan SMN Daerah Istimewa Yogyakarya di Kalimantan Tengah 2018. 

Pengenalan budaya masyarakat Suku Dayak Kalteng terhadap peserta SMN Yogyakarta itu, antara lain jamuan makan malam dengan menghadirkan berbagai menu masakan khas Dayak sehingga peserta dapat mencicipi langsung.

Selain itu, para peserta SMN Yogyakarta juga diberikan materi terkait wawasan Kalimantan Tengah oleh akademisi  Kalimantan Tengah, Prof Kumpaidi W. 

Diantara materi yang diberikan pada sesi wawasan Kalimantan Tengah itu seperti adat istiadat berkehidupan masyarakat Dayak, rumah asli Suku Dayak serta kondisi geografis, satwa khas Kalimantan Tengah dan hal lain terkait kondisi alam dan masyarakat di Kalteng.

Lebih lanjut Denny S.Adji mengatakan melalui pengenalan inipihaknya  berharap para peserta SMN nantinya semakin menghayati bahwa Indonesia memiliki keberagaman yang luar biasa. "Kami berharap dengan pengalaman ini peserta  mampu meningkatkan toleransi dan saling menghargai dan menghormati antar sesama." 

Sementara itu, salah satu peserta SMN Yogyakarta, Tias mengaku gembira bisa berkunjung ke Kalimantan Tengah dan mendapat materi serta melihat langsung sebagian cara kehidupan masyarakatnya.

"Meski yang kami peroleh hanya sebagian kecil, tapi kami senang karena bisa mengetahui langsung kehidupan masyarakat Kalteng. Wawasan kami terkait kehidupan Suku Dayak juga bertambah berkat materi terkait wawasan Kalimantan Tengah," kata Tias.

Pada acara yang dilaksanakan Askrindo dan Danareksa itu, para peserta SMN dari Yogyakarta akan mengikuti rangkaian kegiatan seperti peningkatan wawasan nusantara, wawasan pendidikan dan konservasi alam dan wawasan enterpreneurship.

Baca juga: SMN Kalteng kunjungi Grhatama Pustaka Yogyakarta
Baca juga: Rini: program SMN perkuat wawasan kebangsaan siswa


Ke-23 peserta SMN Yogyakarta yang didampingi lima pendamping itu nantinya juga akan mengikuti upacara HUT ke-73 Republik Indonesia dan mengikuti jalan sehat lima kilometer BUMN di Kabupaten Kapuas, Kalteng.

Para peserta SMN asal Yogyakarta akan kembali ke tempat asalnya pada 21 Agustus 2018. Bersamaan dengan kegiatan tersebut, sebanyak 23 siswa serta enam pendamping asal Kalteng juga melaksanakan rangkaian kegiatan SMN 2018 di DI Yogyakarta.

Pewarta: Rendhik Andika
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2018