Ketegasan tersebut tidak akan bisa maksimal tanpa dukungan dan partisipasi masyarakat
Jakarta (ANTARA News) - Presiden Joko Widodo mengatakan area kebakaran hutan dan lahan menurun signifikan bila dibandingkan tahun-tahun sebelumnya karena ketegasan untuk melindungi hutan dan lahan.
 
"Ketegasan tersebut tidak akan bisa maksimal tanpa dukungan dan partisipasi masyarakat," kata Presiden Joko Widodo dalam Pidato Kenegaraan dalam rangka hari Ulang Tahun ke-73 Kemerdekaan Republik Indonesia pada Sidang Bersama DPR dan DPD di Gedung MPR/DPR/DPD, Jakarta, Kamis.

Presiden menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada aparat TNI/Polri, pemerinah daerah dan seluruh warga masyarakat yang dengan penuh dedikasi mencegah dan melawan ancaman kebakaran hutan.

"Dalam melakukan berbagai lompatan kemajuan, kita membutuhkan keberanian. Kita harus memiliki ketegasan untuk mengambil keputusan yang terbaik bagi kepentingan rakyat Indonesia, termasuk ketegasan untuk melindunbgi hutan dan lahan kita," tuturnya.

Presiden Joko Widodo memberikan pidato pada Pidato Kenegaraan dalam rangka hari Ulang Tahun ke-73 Kemerdekaan Republik Indonesia pada Sidang Bersama DPR dan DPD.

Hadir pada Sidang tersebut Wakil Presiden Jusuf Kalla, para pejabat negara, menteri Kabinet Kerja, perwakilan negara-negara sahabat, mantan presiden Bacharuddin Jusuf Habibie dan Megawati Sukarnoputri, serta mantan wakil presiden Try Sutrisno dan Boediono.

Baca juga: Pemerintah pastikan Asian Games tak terganggu asap
Baca juga: Menkopolhukam upayakan alih teknologi tinggalkan bakar lahan

Pewarta: Dewanto Samodro
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2018