Untuk pemadaman karhutla, kami langsung turun ke lapangan untuk memadamkannya, bersama TNI dan Polri, BPK, PT SAM, PT AGM dan warga sekitar,
Kandangan, Kalsel, (ANTARA News) - Kebakaran lahan dan hutan di Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Kalimantan Selatan, terus meluas sehingga perlu peningkatan kewaspadaan seluruh pihak terkait.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Kesbangpol Hulu Sungai Selatan (HSS) Efran, di Kandangan, Rabu, mengatakan, lahan yang terbakar tersebut antara lain berada di Kecamatan Kandangan, Daha Selatan, Daha Utara, Daha Barat, Loksado, Padang Batung, Angkinang dan Sungai Raya.

"Jumlahnya kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di delapan kecamatan di musim kemarau ini, intensitasnya menunjukkan peningkatan dengan luas lahan yang terbakar mencapai ratusan hektare," katanya.

Namun demikian, kata dia, hingga kini kebakaran lahan dan hutan tersebut, belum menyebabkan terjadinya kabut asap, karena sinergi tim di lapangan sudah cukup kuat, sehingga bila melihat ada titik api, langsung dipadamkan.

"Proses pemadaman dilakukan oleh tim Badan PB dan Kesbangpol HSS dibantu oleh berbagai pihak seperti dari unsur TNI dan Polri, pihak swasta dan masyarakat sekitar," katanya.

Menurut dia, sudah dilakukan rapat koordinasi dengan semua pihak terkait, juga sosialisasi kepada masyarakat, termasuk mengeluarkan surat edaran pencegahan karhutla di Kabupaten HSS.

Kepala Bidang Kedaruratan Logistik Rehabilitasi dan Kontruksi Badan PB dan Kesbangpol Kabupaten HSS Nur Abdi mengatakan, berdasarkan data sementara sejak April hingga Agustus 2018, luas lahan yang terbakar sudah mencapai ratusan hektare.

Langkah yang dilakukan antara lain, memadamkan sumber api terpantau, pemantauan titik api dan tim terus melakukan patroli di lapangan.

"Untuk pemadaman karhutla, kami langsung turun ke lapangan untuk memadamkannya, bersama TNI dan Polri, BPK, PT SAM, PT AGM dan warga sekitar," katanya.

Ditambahkan dia, bahwa peralatan yang digunakan seperti mesin portable, mesin apung dan mesin jinjing hingga mobil pemadam yang juga terus disiapsiagakan untuk pemadaman karhutla.*

 

Baca juga: 1.084 hektare lahan Kalsel terbakar

 

Pewarta: Ulul Maskuriah
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2018