Saya menyampaikan apresiasi yang mendalam kepada Presiden Jokowi atas jasanya untuk membangun perdamaian di Semenanjung Korea dengan mengundang pemimpin Korea Selatan dan Korea Utara."
Seoul (ANTARA News) - Presiden Korea selatan Moon Jae-in mengapresiasi upaya Presiden RI Joko Widodo dalam membangun perdamaian di Semenanjung Korea.

"Saya menyampaikan apresiasi yang mendalam kepada Presiden Jokowi atas jasanya untuk membangun perdamaian di Semenanjung Korea dengan mengundang pemimpin Korea Selatan dan Korea Utara," kata Presiden Moon saat pernyataan pers bersama di "Blue House" Seoul, Korea Selatan, Senin.

Moon mengatakan bahwa kedua negara akan bekerja sama secara erat untuk perdamaian dan kestabilan Semenanjung Korea dan Asia Timur.

"Mulai tahun depan Indonesia akan bertugas sebagai anggota tidak tetap Dewan Keamanan PBB yang akan berusaha keras untuk perdamaian dunia dan Semenangjung Korea-Jepang," katanya.

Selain masalah perdamaian, Presiden Moon juga mengatakan bahwa Indonesia dan Korea telah menjalin hubungan kerja sama strategis di bidang keamanan.

"Saat ini kita membangun pesawat tempur masa depan dan kapal selam. Kedua negara akan memperkokoh kerja sama di bidang pertahanan dan industri pertahanan," katanya.

Baca juga: Presiden kunjungi Korsel untuk perkuat kerja sama ekonomi

Baca juga: Paus serukan rekonsiliasi antar-Korea

Baca juga: Moon Jae-in akan bertemu dengan Kim Jong-un

Pewarta: Joko Susilo
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2018