Sumber daya yang terlibat di lapangan berjumlah 40 orang.
Cirebon, (ANTARA News) - Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, Agus Mauludin mengatakan kebakaran di kawasan hutan Gunung Ciremai saat ini masih berlangsung dan sedang diupayakan dipadamkan.

"Sampai dengan pukul 19.00 WIB api masih menyala mengarah ke timur atau bawah dan barat atau ke atas," katanya di Kuningan, Selasa.

Menurutnya, kebarakan kawasan hutan Gunung Ciremai pertama kali diketahui masyarakat sekitar pukul 12.30 WIB dan sampai saat ini masih belum bisa dipadamkan.

Lokasi kebakaran di Leuweung Kiara, Ciula, Lemah Neundeut Kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai, Desa Setianegara, Kecamatan Cilimus Kabupaten Kuningan.

Saat ini masih sangat kekurangan personel untuk memadamkan kebakaran di kawasan hutan Gunung Ciremai.

"Sumber daya yang terlibat di lapangan berjumlah 40 orang yang berasal dari unsur BPBD, Satpol PP, TNGC, TNI, Polri, LSM AKAR dan partisipasi masyarakat sekitar," ujarnya.

Dia menambahkan untuk pemadaman sendiri masih dilakukan secara manual dan langsung yaitu ke titik api dengan menggunakan alat seadanya.

"Pemadaman langsung ke titik api dari arah Selatan dan Timur bawah yaitu dari Desa Linggarjati dan juga Setianegara," katanya.*

Baca juga: Lereng Gunung Ciremai Kuningan terbakar

 

Pewarta: Khaerul Izan
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2018