Sydney (ANTARA News) - Pasar saham Australia naik tipis pada penutupan perdagangan Rabu, dengan tekanan pada saham-saham keuangan dan kesehatan sedikit mengurangi dukungan positif dari Eropa dan penguatan saham energi.

Pada penutupan, indeks acuan S&P/ASX 200 naik 6,4 poin atau 0,1 persen menjadi 6.192,3 poin, sementara indeks All Ordinaries yang lebih luas menambahkan 8,6 poin atau 0,14 persen menjadi 6.307,7 poin.

Kepala analis pasar CMC Markets and Stockbroking, Michael McCarthy dikutip dari Xinhua mengatakan bahwa pasar mulai sangat positif menyusul beberapa dukungan baik terutama dari pasar Eropa dan juga penguatan di saham energi.

Namun seiring berjalannya waktu, tampak bahwa beberapa investor melakukan penjualan di menit-menit terakhir untuk saham-saham keuangan menjelang pengumuman suku bunga Federal Reserve AS.

Tekanan pada saham-saham kesehatan utama menambah beban dari sektor keuangan, membantu menghapus beberapa kenaikan awal hari ini, katanya.

Saham-saham energi berhasil mempertahankan banyak keuntungan mereka, dengan sektor material juga berkinerja baik meskipun ada tekanan pada pasar logam industri.

Namun, lompatan yang bagus dalam logam mulia, khususnya emas dan saham-saham emas, membantu sektor itu dan kelompok-kelompok perusahaan terkemuka seperti Rio Tinto dan BHP, tambah McCarthy.

"Secara keseluruhan meskipun, kami melihat tidak banyak komitmen di pasar, meskipun volume baik-baik saja, kami sering berharap itu menjadi sedikit lebih baik pada Rabu, dan itu tidak terjadi. Di seluruh wilayah, kami memang melihat dukungan yang baik dan volume yang bagus. Dukungan yang bagus di Hong Kong dan sampai batas tertentu di Tokyo juga," katanya.

Bank-bank besar memimpin pelemahan sektor ini sehingga berakhir lebih rendah, dengan ANZ turun 0,92 persen, Commonwealth Bank tergelincir 0,88 persen, National Australia Bank merosot 0,54 persen dan Westpac turun 0,25 persen.

Raksasa pertambangan BHP Billiton naik 1,17 persen, saingannya Rio Tinto naik 1,16 persen, penambang emas Newcrest naik 1,08 persen dan Woodside Petroleum menambahkan 1,47 persen.

Jaringan supermarket Woolworths naik 1,26 persen dan saingannya Wesfarmers bertambah 0,67 persen.

Operator penerbangan nasional Qantas merosot 0,51 persen, perusahaan telekomunikasi Telstra naik 0,63 persen dan kelompok biomedis CSL turun 0,94 persen.

Baca juga: Kenaikan saham energi dongkrak penguatan Bursa Australia
 

Pewarta: Apep Suhendar
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2018