"Sektor material dan sektor energi termasuk di antara para pemain terbaik, mencatat kenaikan yang bagus"
Sydney (ANTARA News) - Pasar saham Australia berakhir lebih tinggi pada perdagangan Rabu, dengan sektor utilitas menambah dukungan kuat untuk menghilangkan kelemahan dalam perdagangan di pasar Eropa semalam (Selasa).

Pada penutupan, indeks acuan S&P/ASX 200 naik 19,9 poin atau 0,33 persen menjadi 6.146,1 poin, sementara indeks All Ordinaries yang lebih luas menambahkan 19,4 poin atau 0,31 persen menjadi 6.265,2 poin.

Kepala strategi pasar CMC Markets and Stockbroking Michael McCarthy mengatakan "Ini adalah hari yang sangat baik bagi investor Australia, meskipun faktanya bahwa kami melihat penurunan di pasar saham Eropa dan hanya saham unggulan yang naik di AS, dengan sektor utilitas mencatat kinerja terbaik hari ini."

"Tampaknya penguatan di pasar logam dan harga energi, khususnya minyak yang bertahan di dekat angka tertinggi empat tahun, telah benar-benar membantu pasar lokal sepanjang hari ini. Sektor material dan sektor energi termasuk di antara para pemain terbaik, mencatat kenaikan yang bagus," tambahnya.

Kinerja pasar saham Australia lebih mengesankan ketika mempertimbangkan tekanan dalam perdagangan di Hong Kong dan Tokyo, di mana indeks berada di zona merah, kata McCarthy seperti dikutip Xinhua.

Masih ada beberapa tekanan di pasar lokal dari saham keuangan, tetapi penurunan pada indeks volatilitas juga "tanda bahwa kepercayaan investor meningkat setelah minggu perdagangan yang cukup lemah atau lebih."

 Sebagian besar bank-bank besar memimpin pelemahan sektor ini dengan berakhir lebih rendah, dengan ANZ tergelincir 0,11 persen, National Australia Bank kehilangan 0,73 persen, Westpac turun 0,2 persen, dan Commonwealth Bank naik tipis 0,13 persen.

Raksasa pertambangan BHP Billiton naik 1,12 persen dan saingannya Rio Tinto naik 1,83 persen. Penambang emas Newcrest melonjak 3,41 persen, dan Woodside Petroleum menambahkan 0,57 persen.

Jaringan supermarket Woolworths turun 0,27 persen, sementara pesaingnya Wesfarmers naik 1,15 persen.

Operator penerbangan nasional Qantas juga naik 1,15 persen dan raksasa telekomunikasi Telstra bertambah 0,31 persen, sementara kelompok biomedis CSL turun 0,43 persen.

Baca juga: Wall Street bervariasi dengan dow berakhir di rekor tertinggi

Baca juga: IHSG dibuka menguat seiring aksi beli selektif

Pewarta: Apep Suhendar
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2018