Mohon disampaikan kepada Presiden dan rakyat Indonesia rasa duka cita Al-Azhar dan rakyat Mesir atas musibah di Sulawesi ini dan kami akan terus mengikuti perkembangan ini
Jakarta (ANTARA News) - Imam besar Al-Azhar Ahmad Thayyib menyampaikan kesiapannya untuk membantu korban gempa bumi dan tsunami di Provinsi Sulawesi Tengah dengan mengirimkan tim medis serta konseling agama.

Pernyataan tersebut ia kemukakan secara khusus saat bertemu dengan Duta Besar Indonesia untuk Mesir Helmy Fauzi di Kairo.

"Mohon disampaikan kepada Presiden dan rakyat Indonesia rasa duka cita Al-Azhar dan rakyat Mesir atas musibah di Sulawesi ini dan kami akan terus mengikuti perkembangan ini," ujar Thayyib melalui keterangan pers yang diterima Antara di Jakarta, Senin.

Ia menjelaskan bahwa pihaknya telah menyiapkan tim medis dan konseling, serta mencakup bantuan makanan dan obat-obatan.

Untuk membantu kelancaran bantuan, Al-Azhar juga berencana melibatkan mahasiswa Indonesia asal Palu dalam tim tersebut.

"Kami meminta bantuan Dubes Helmy untuk memberi arahan apa saja yang dilakukan agar bantuan Al-Azhar dapat tepat mengenai sasaran di lapangan," katanya menambahkan.

Menanggapi hal tersebut, Dubes Helmy berterima kasih atas doa dan perhatian yang diberikan Grand Imam dan jajaran Al-Azhar kepada Indonesia.

Menurut dia, doa dan dukungan ini semakin memperkuat Indonesia untuk selalu tegar dalam menghadapi musibah beruntun.

"Kami sangat bersyukur atas doa, perhatian dan tawaran bantuan yang diberikan Al-Azhar. Ini akan semakin menguatkan hubungan kedua negara dalam menghadapi cobaan yang diberikan Allah SWT," katanya.

Terkait tawaran bantuan tersebut, Dubes Helmy mengatakan pihaknya akan berkomunikasi terlebih dahulu dengan pemerintah pusat.

Hal ini dilakukan agar bantuan yang diberikan Al-Azhar sesuai dengan kebutuhan masyarakat yang tertimpa bencana.

"Kami akan segera berbicara dengan Jakarta dan kemudian hasilnya akan kami diskusikan dengan Al-Azhar. Yang pasti, kami merasa senang dan terhormat mendapat perhatian khusus dari keluarga besar Al-Azhar terutama Grand Imam Thayyib," kata Dubes. 


Baca juga: Indonesia serahkan empat gedung asrama kepada Univ. Al Azhar
Baca juga: DPR setujui hibah asrama mahasiswa di Mesir

Pewarta: Roy Rosa Bachtiar
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2018