Jakarta (ANTARA News) - Motherboard merupakan komponen induk dan bagian penting dari sebuah PC gaming, yang tidak boleh dipilih secara sembarangan menurut beberapa tips dari atlet esports.

"Pertama harus cek thermal solutions yang ditawarkan motherboard tersebut, tidak mungkin kita membeli motherboard abal-abal yang tidak mampu meredam suhu panas sehingga prosesor dan kartu grafis kepanasan, kemudian membuat jalur ke memori dan hardisk menjadi jelek serta lambat, ujar Richard Permana dari TEAMnxl>.

Selain itu, menurut Richard, carilah motherboard dengan panel IO yang banyak, mengingat komputer akan digunakan untuk gaming.

"Jangan sampai cuma disediakan colokan USB empat misalnya sehingga pemain terpaksa menggunakan colokan tambahan. Kalau bisa colokan USB di panel IO motherboard tersebut banyak," katanya.

Richard lebih lanjut mengatakan bahwa pentingnya fitur jaringan pada motherboard yang bisa membantu kala sinyal sedang jelek atau pas-pasan lewat Killer Engine-nya yang dapat memuluskan koneksi saat bermain dengan gamer yang berlokasi di luar negeri.

"Kartu grafis saat ini memiliki bobot yang berat, oleh karena itu kita harus pastikan PCI slot motherboard misalnya harus ada penahan atau shield agar bisa menahan beban berat kartu grafis dan menghindari risiko komponen itu patah atau miring dan tetap terpasang tegak," ujarnya.

Selain itu, kata Richard, motherboard perlu memiliki lampu warna-warni mengingat anak-anak gamer sangat menyukai hal tersebut.

Baca juga: MSI perkenalkan motherboard terbaru seri Z390 dengan fitur lebih agresif

Baca juga: Tips memilih notebook gaming ala atlet esports

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Monalisa
Copyright © ANTARA 2018