Pegolf amatir 11 negara bersaing di Depok

Pegolf amatir 11 negara bersaing di Depok

Ketua Perkumpulan Akademi Golf Indonesia (PAGI) Mudjo Suwarno (kiri), Deputi III Kemenpora Raden Isnanta (kedua kiri), Wakil Sekretaris Jenderal Persatuan Golf Indonesia (PGI) I Gusti Putu Gede (ketiga kanan), perwakilan Emeralda Golf Club Fajarudin Simanjuntak (kedua kanan), dan CEO Rych Water Grup Rudy Chandra dalam jumpa pers Turnamen Piala Menpora-Emeralda 2018 bersama atlet-atlet golf nasional di Kementerian Pemuda dan Olahraga di Jakarta, Selasa (23/10/2018). (Antara/Imam Santoso)

Jakarta (ANTARA News) - Sebanyak 144 pemain golf amatir dari 11 negara akan saling bersaing dalam Turnamen Piala Menpora-Emeralda 2018 yang akan berlangsung di lapangan Emeralda Golf Club di Tapos, Depok, pada 25-27 Oktober.

"Dengan kompetisi yang semakin intensif dan pembinaan merata, cabang golf di Indonesia akan semakin merata prestasinya dan semakin banyak atlet yang akan mengikuti seri internasional," kata Deputi III Bidang Pembudayaan Olahraga Kementerian Pemuda dan Olahraga Raden Isnanta di Jakarta, Selasa.

Isnanta mengatakan kehadiran turnamen Piala Menpora-Emeralda yang telah hadir selama tiga tahun berturut-turut itu akan membangkitkan semangat atlet untuk terus berkompetisi sehingga mampu mewakili Indonesia dalam setiap kejuaraan bergengsi internasional.

Sejumlah negara yang akan mengikutsertakan pegolf amatirnya dalam turnamen bertajuk "Road to Asia-Pacific" itu antara lain Australia, China, India, Korea Selatan, Malaysia, dan Swedia.

Ketua Perkumpulan Akademi Golf Indonesia (PAGI) Mudjo Suwarno selaku penyelenggara Turnamen Piala Menpora-Emeralda 2018 mengatakan hanya 36 peserta terpilih yang akan masuk pada babak final dari 144 pemain yang menyatakan akan turun di Depok itu

"Kami akan memberikan hadiah berupa pengiriman tiga pemain terbaik putra dan tiga pemain terbaik putri ke turnamen tingkat 'A' di Jepang, Korea Selatan, atau Australia dengan biaya sepenuhnya dari PAGI," kata Mudjo.

Indonesia, lanjut Mudjo, akan mengikutsertakan atlet-atlet golf terbaiknya dari 24 provinsi. "Kami akan memberikan fasilitas bebas biaya pendaftaran, fasilitas antar-jemput dari bandara-hotel-bandara dan selama turnamen, serta bebas biaya akomodasi hotel," katanya.

Mudjo mengatakan Turnamen Piala Menpora-Emeralda tahun ketiga itu menunjukkan kontribusi PAGI untuk mendorong pembinaan dan menjadi motivasi bagi para atlet golf daerah. "Atlet-atlet daerah harus terus berlatih keras dan siap bersaing dengan para atlet nasional untuk berebut hadiah yaitu dikirim ke turnamen luar negeri," kata Mudjo.

Sementara, Wakil Sekretaris Jenderal Persatuan Golf Indonesia (PGI) I Gusti Putu Gede mengatakan Turnamen Piala Menpora-Emeralda itu akan menjadi salah satu turnamen uji coba bagi atlet-atlet nasional seperti Naraajie Emerald Ramadhan Putra, Kevin Akbar, Almay Rayhan, Marcella Pranovia, serta Ribka Vania yang baru mengikuti Olimpiade Remaja di Argentina.

"Kami berharap atlet-atlet nasional kami juara dalam turnamen itu sehingga mereka dapat dikirim mengikuti turnamen Asia-Pasifik sehingga menambah jam terbang untuk menyiapkan diri dalam SEA Games 2019," Putu Gede.

Putu Gede menambahkan turnamen Piala Menpora itu menjadi salah satu ajang bagi PGI untuk mengetahui kemampuan dan kelemahan atlet. "Kami dapat mengukur apakah ada teknik atau mental yang masih kurang karena golf adalah olahraga yang perlu konsentrasi," katanya.

Baca juga: Dua pegolf amatir Indonesia raih tiket ke AS

Baca juga: Tiga pegolf Indonesia lolos kualifikasi BMW Cup

Pewarta: Imam Santoso
Editor: Junaydi Suswanto
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar