Remaja pilih Instagram ketimbang Snapchat

Remaja pilih Instagram ketimbang Snapchat

Logo baru aplikasi Instagram (blog.instagram.com)

Jakarta (ANTARA News) - Instagram telah mengalahkan Snapchat sebagai platform media sosial yang paling sering digunakan di kalangan remaja, menurut survei Piper Jaffray "Taking Stock With Teens."

"Survei ini memberikan beberapa kabar baik dan buruk untuk (Facebook)," menurut Piper Jaffray, seperti dikutip dari laman Yahoo Finance, Selasa.

Survei tersebut menunjukkan bahwa Instagram kini berada di atas Snapchat sebagai platform sosial paling banyak digunakan oleh remaja -- 85 persen menggunakan setidaknya satu kali per bulan.

"Facebook, bagaimanapun, terus menunjukkan keterlibatan yang menurun di kalangan demografi remaja; hanya 28 persen anak usia 15 tahun yang menggunakan Facebook," menurut Piper Jaffray.

Firma riset tersebut menyurvei 8.600 remaja dengan usia rata-rata 16 tahun di 48 negara bagian di Amerika Serikat.

Hasil dari survei tersebut mengungkapkan bahwa 85 persen responden menggunakan Instagram, sementara 84 persen memilih Snapchat, 47 persen menggunakan Twitter dan hanya 36 persen remaja menggunakan Facebook setiap bulan.

Hasil tersebut jauh berbeda dari tahun lalu di mana 80 persen responden menggunakan Snapchat, sementara 79 persen menyukai Instagram, 56 persen menggunakan Twitter dan 52 persen menggunakan Facebook.

Meski demikian, ketika remaja ditanya soal platform media sosial favorit mereka secara keseluruhan, 46 persen responden masih menyukai Snapchat, sementara 35 persen menjawab Instagram, 6 persen mengatakan Twitter dan 5 persen menyukai Facebook.

Snapchat berada jauh di depan Instagram sebagai platform media sosial favorit remaja pada musim semi 2016, dan sejak itu Instagram secara perlahan-lahan mulai disukai.

Di sisi lain, survei tersebut menemukan bahwa engagement brand yang lebih kuat melalui Instragram, mendorong Snapchat berada di posisi kedua.

"Instagram terus menunjukkan dominasi dalam penjualan, karena remaja sangat suka brand menghubungi mereka di Instagram dibanding saluran lain," kata laporan survei tersebut.

Baca juga: Giliran Snapchat tiru Instagram, tambahkan fitur mention

Baca juga: Instagram dan Snapchat hapus integrasi GIF Giphy

Baca juga: Instagram uji coba fitur Nametags, mirip milik Snapchat


 

Penerjemah: Arindra Meodia
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar