Manado (ANTARA News) - Sebanyak 200 gerai meramaikan Pekan Kerja Nyata (PKN) tahun 2018 yang berasal dari kementerian/ lembaga, provinsi, kabupaten/ kota dalam pameran PKN Revolusi Mental.

Berdasarkan pengamatan Antara di Manado, Jumat, gerai itu memamerkan berbagai jenis produk dan layanan.
Beberapa di antaranya kopi, layanan keuangan, produk kerajinan dan sebagainya.

Selain itu, dipamerkan juga sejumlah inovasi layanan publik dari kementerian/lembaga maupun Pemerintah Daerah seperti simulasi tes CAT oleh BKN yang diperuntukkan bagi para pelamar CPNS, akses pencetakan e-KTP, perpanjangan SIM dan lainnya.

Selain pameran 200 gerai itu, PKN Revolusi Mental juga menghadirkan berbagai kegiatan inovatif yang melibatkan masyarakat, pelajar, komunitas serta tokoh-tokoh inspiratif penggerak perubahan dari perwakilan 34 provinsi.

PKN Revolusi Mental itu menurut Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani turut mempromosikan budaya baik.

Budaya baik yang dia maksud adalah Revolusi Mental yang merupakan suatu gerakan bersama untuk merubah karakter bangsa dengan menguatkan nilai integritas, etos kerja dan gotong royong.

Puan mengatakan PKN Revolusi Mental merupakan salah salah satu turunan program Gerakan Nasional Revolusi Mental.

Deputi bidang Koordinasi Kebudayaan Kemenko PMK Nyoman Shuida mengatakan kementeriannya ingin terus menyebarkan budaya baik Revolusi Mental kepada lebih banyak masyarakat.

Dia mengatakan agar masyarakat lebih mengetahui berbagai inovasi pelayanan publik dan merasakan manfaat dari program Revolusi Mental yang menjadi karakter masyarakat yang dapat memajukan Indonesia.
 

Pewarta: Anom Prihantoro
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2018