Investor dapat menghadapi pasar yang lebih volatil minggu ini jika sentimen pasar yang lemah dari minggu lalu terus berlanjut
Sydney (ANTARA News) - Pasar saham Australia dibuka lebih tinggi pada perdagangan Senin pagi, di tengah kekhawatiran tentang berlanjutnya pelemahan sentimen baru-baru ini.

Pada pukul 10.15 waktu setempat, indeks acuan S&P/ASX 200 naik 45,4 poin atau 0,8 persen menjadi diperdagangkan di 5.710,6 poin, dan indeks All Ordinaries yang lebih luas menambahkan 40,7 poin atau 0,71 persen pada 5.800,3 poin.

"Investor dapat menghadapi pasar yang lebih volatil minggu ini jika sentimen pasar yang lemah dari minggu lalu terus berlanjut," analis pasar CMC Markets and Stockbroking Jonathen Chan mengatakan dal am catatan pagi kepada investor.

"Ekuitas AS ditutup lebih rendah pada Jumat (26/10) lalu, karena PDB AS menunjukkan tingkat pertumbuhan yang lebih lambat pada 3,5 persen meskipun lebih tinggi dari perkiraan. Aset-aset safe haven seperti emas dan yen Jepang menguat, menunjukkan sikap menghindari risiko," kata Chan seperti yang dikutip dari Xinhua.

"Stimulasi dari laporan laba perusahaan AS mungkin tidak cukup untuk mendorong pembelian investor. Namun, lebih banyak data ekonomi dari seluruh dunia akan dirilis sepanjang pekan yang dapat mengangkat kepercayaan investor jika ketidakpastian pertumbuhan global mereda."

Bank-bank besar Australia dibuka sebagian besar lebih tinggi, dengan ANZ naik 0,24 persen, Commonwealth Bank menambahkan 0,59 persen dan Westpac memperoleh 0,62 persen. National Australia Bank turun tipis 0,04 persen.

Raksasa pertambangan BHP naik 0,93 persen dan saingannya Rio Tinto bertambah 0,86 persen. Woodside Petroleum naik 0,27 persen.

Wesfarmers menambahkan 0,88 persen dan jaringan supermarket saingannya Woolworths 0,18 persen lebih tinggi.

Sementara raksasa telekomunikasi Telstra naik 0,98 persen, maskapai nasional Qantas bertambah 0,77 persen dan kelompok biotek CSL naik 2,71 persen.

Baca juga: IHSG dibuka menguat tipis empat poin

Pewarta: Apep Suhendar
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2018