digital marketing sebagai bagian dari transformasi digital telah membuat BUMN mampu bersaing di luar batas dan memiliki kualitas dengan global mindset.
Jakarta, (ANTARA News) - Pendiri Rumah Perubahan Prof. Rhenald Kasali mengatakan, BUMN di Indonesia saat ini tengah mengalami perubahan besar yang didahului dengan transformasi dengan pendekatan disruption, sehingga branding saja tidak cukup tetapi dibutuhkan inovasi produk dan peremajaan SDM.

“Sumber daya manusia millenial adalah sumber masa depan. Mereka membawa teknologi dan membantu perusahaan untuk menciptakan produk-produk baru serta mengalihkan perusahaan menjadi sebuah platform,” kata Rhenald di Hotel JS Luwansa, Kuningnan, Jakarta Selatan, Rabu, di sela BUMN Branding & Marketing Award 2018 yang diselenggarakan Majalah BUMN Track.

Ia menjelaskan, digital marketing sebagai bagian dari transformasi digital telah membuat BUMN mampu bersaing di luar batas dan memiliki kualitas dengan global mindset.

BUMN mulai dikenal di berbagai negara bahkan terdapat 4 BUMN mendapat penghargaan sebagai perusahaan terbaik di dunia untuk bekerja.

“Saat ini kita melihat digital marketing sudah menjadi hal yang biasa dilakukan di lingkungan BUMN, walaupun masih banyak sekali yang belum menemukan pola yang tepat. Tetapi kita patut mengapresiasi karena geliat trasformasi itu sudah tumbuh di BUMN. Dan ini merupakan modal yang sangat baik,” tambahnya.

Sebagai Ketua Dewan Juri Branding and Marketing Award 2018, Rhenald mengatakan kegiatan yang merupakan ke enam kalinya ini, diikuti sebanyak 112 perusahan.

Sementara itu, CEO BUMN Track SH Sutarto mengungkapkan, pembagian kategori dilakukan untuk memberikan peluang yang lebih besar bagi para peserta untuk bersaing di sektornya masing-masing, yaitu sektor agro, manufacturing & mining, sektor service, transportation, logistic & energy, dan sektor financial & hospitality. .

Tujuannya, memberi kesempatan lebih luas kepada BUMN untuk berpartisipasi sekaligus agar peserta dapat berkompetisi lebih optimal di sektornya masing-masing.
Baca juga: Pupuk Indonesia sabet enam penghargaan anugerah BUMN
Baca juga: Surveyor Indonesia raih predikat BUMN terbaik versi Infobank
Baca juga: Pertamina dinobatkan perusahaan terbaik "BUMN Marketeers Award"

 

Pewarta: Chairul Rohman
Editor: Royke Sinaga
Copyright © ANTARA 2018