Jakarta (ANTARA News) - MAPCLUB, program loyalti konsumen, merancang ulang aplikasi mereka dengan sejumlah fitur baru, termasuk di dalamnya gim dan fitur untuk bertransaksi dan menukar poin yang didapat setelah berbelanja di gerai mitra mereka.

"MAPCLUB ingin memberikan pengalaman yang baru, hadiah bukan hanya saat berbelanja, tapi, juga dari kegiatan non-transaksional," kata COO MAPCLUB Marcella Dewi, saat jumpa pers di Jakarta, Sabtu.

Bersamaan dengan peluncuran aplikasi terbaru, MAPCLUB juga mengadakan program REDxperience Wonderful Journey, gim yang memakai teknologi augmented reality (AR) yang berlangsung pada 1 Desember 2018 hingga 31 Januari 2019 dan berhadiah perjalanan wisata ke salah satu negara, yaitu Norwegia, Australia, Amerika Serikat, Alaska, Korea Selatan, China dan Afrika.

Cara bermain gim REDxperience ini mirip seperti Pokemon GO, setelah mengunduh dan terdaftar sebagai anggota MAPCLUB, pengguna akan diarahkan untuk memasang aplikasi terpisah MAP REDxperience untuk bermain gim. Setelah itu, pengguna dapat berjalan-jalan di mal yang bekerja sama dengan MAPCLUB untuk mencari poin.
Gim MAP REDxperience dari MAPCLUB yang memakai teknologi augmented reality. (ANTARA News/Natisha Andarningtyas)


Sambil mengarahkan ponsel ke gerai, pengguna akan melihat gambar kado di layar dan harus mengkliknya sampai kado terbuka untuk mendapatkan poin. Selama 1-2 Desember, gim ini dapat dimainkan di Mal Central Park, pusat perbelanjaan lainnya akan menyusul. 

Poin dalam periode ini juga bisa dikumpulkan melalui aktivitas lain di mal, misalnya dengan mengikuti flashmob.

Aplikasi baru
Marcella menyatakan aplikasi yang mereka luncurkan adalah versi terbaru dari aplikasi MAPCLUB yang sebelumnya ada, yang terbaru ini memuat lebih banyak merchant yang bergabung ke grup tersebut.

Bagi MAPCLUB, aplikasi ini merupakan tercepat untuk terhubung dengan konsumen, salah satunya mereka dapat memberi tahu penawaran terbaru melalui fitur push notification dalam aplikasi. Push notification memberikan informasi terkini, bisa juga mengenai penawaran atau potongan harga, lebih cepat dibandingkan melalui email.

Aplikasi MAPCLUB juga memakai teknologi machine learning untuk mengetahui kebiasaan dan kesukaan konsumen sehingga hasilnya akan terasa lebih personal dan tawaran yang diberikan akan sesuai dengan preferensi konsumen.
 
Aplikasi terbaru dari MAPCLUB berisi penawaran terbaru di gerai mereka dan kartu anggota virtual. (ANTARA News/Natisha Andarningtyas)


Poin-poin yang dikumpulkan pelanggan dapat ditukarkan dengan kupon elektronik sesuai dengan produk atau layanan yang diinginkan langsung melalui aplikasi. Kupon elektronik ini dapat diakses melalui menu Deals Everyday, bersamaan dengan penawaran dari gerai-gerai mitra mereka.

Konsumen akan menemukan kartu keanggotaan digital mereka di fitur My Card, fungsinya sama seperti kartu fisik, untuk ditunjukkan ke gerai saat bertransaksi untuk mendapatkan poin. Pengguna juga bisa melihat poin yang sudah dikumpulkan di fitur My Card.

MAPCLUB juga memiliki fitur My Wallet, sekilas bagi konsumen yang sering berbelanja online terlihat seperti dompet digital. Padahal, fitur My Wallet berfungsi untuk menyimpan kupon elektronik yang dimiliki serta daftar keinginan (wishlist) kupon yang ingin ditukar.

Aplikasi MAPCLUB sudah tersedia di Google Play Store dan sudah dapat digunakan, begitu juga dengan gim augmented reality REDxperience Wonderful Journey.

Baca juga: MAPCLUB jangkau konsumen lewat aplikasi

Pewarta: Natisha Andarningtyas
Editor: Subagyo
Copyright © ANTARA 2018