Kebakaran kapal Gerbang Samudra I bersumber dari "car deck"

Kebakaran kapal Gerbang Samudra I bersumber dari "car deck"

Ilustrasi kapal terbakar. (ANTARA/Asep Fathulrahman)

Surabaya (ANTARA News) - Kebakaran kapal penumpang roll on - roll off (roro) KM Gerbang Samudra I di perairan Karang Jamung, Jawa Timur diduga bersumber dari car deck atau dek tempat kendaraan diparkir di atas kapal.

"Kapal terbakar di perairan Karang Jamuang, atau sekitar empat jam perjalanan dari Tanjung Perak, pada Minggu pukul 01.00 WIB. Sumber api diinformasikan berasal dari car deck," kata Kepala Kesyahbandaran Utama Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya Dwi Budi Sutrisno kepada wartawan di Surabaya, Minggu.

Ia menerangkan KM Gerbang Samudra yang mengangkut 130 orang penumpang beserta seluruh awak kapal berlayar dari Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya menuju Banjarmasin, Kalimantan Selatan, pada Sabtu malam (1/12), pukul 21.00 WIB.

Dia mengungkapkan di car deck tersebut terdapat 15 truk besar, 12 truk berukuran sedang, serta satu truk tronton dan mobil kecil.

"Penyebab kebakaran nanti diselidiki oleh Komite Nasional Keselamatan Transportasi atau KNKT," katanya.

Menurut dia, api sejak siang tadi sudah berhasil dipadamkan dan nantinya bangkai kapal akan ditarik ke daratan terdekat agar tidak mengganggu lalu lintas pelayaran.

Dwi mengatakan, dari 130 penumpang  kapal, 127 orang di antaranya berhasil dievakuasi oleh petugas Badan Pencarian dan Pertolongan Nasional (Basarnas), yang dibantu oleh sejumlah personel gabungan lainnya.

"Tiga orang masih hilang hingga kini masih dilakukan pencarian. Mudah-mudahan bisa ditemukan dalam keadaan selamat," ucapnya.

Tiga orang yang masih dinyatakan hilang masing-masing adalah Nakhoda Soelhadani, serta dua orang kadet dari sekolah pelayaran di Surabaya, yaitu Silka Malal Marifat dan Nurul Fadilah.

Baca juga: Kapal terbakar, 3 penumpang hilang
Baca juga: RS PHC rawat 9 korban kebakaran kapal

Pewarta: Hanif Nashrullah
Editor: Dewanti Lestari
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar