Jakarta (ANTARA News) - Gol Mario Mandzukic menjadi penentu kemenangan Juventus saat menang 1-0 atas Inter Milan pada pertandingan Derby d'Italia yang dimainkan di Stadion Allianz, Turin, Italia pada Sabtu dini hari WIB.

Kemenangan ini membawa Juve memuncaki klasemen dengan koleksi 43 poin, untuk sementara unggul 11 poin atas pesaing terdekatnya Napoli, demikian catatan pertandingan di laman resmi Liga Italia. Sementara Inter tertahan di peringkat ketiga dengan 29 poin.

Paulo Dybala memulai pertandingan dengan meyakinkan saat tembakannya dapat ditepis kiper Samir Handanovic, namun Giorgio Chiellini melakukan intersep krusial untuk menggagalkan Mauro Icardi menyambar umpan silang Ivan Perisic.

Inter memiliki dua peluang emas beberapa menit kemudian, namun keduanya pun gagal berbuah hasil. Pertama Matteo Politano dan Icardi bekerja sama untuk menciptakan peluang bagi Roberto Gagliardini, namun penyelesaiannya masih membentur tiang gawang.

Beberapa saat kemudian, operan Politano tertuju kepada Icardi dan Perisic, yang keduanya tidak mampu mengendalikan bola.

Juve menjadi pihak yang balik mengancam berikutnya dalam laga yang berlangsung sangat terbuka dan menghibur. Mario Mandzukic tidak mampu menanduk bola dengan cukup kuat, kemudian Marcelo Brozovic mendefleksi sepakan Rodrigo Bentancur. Dari tendangan sudut yang dihasilkan, Handanovic menepis sundulan Chiellini ke tiang dekat.

Inter kembali membuang peluang bagus pada awal babak kedua, ketika kesalahan Pjanic dan Blaise Matuidi membuat mereka kehilangan bola di tepi kotak penalti, namun penyelesaian Politano dapat diblok oleh tubuh Leonardo Bonucci.

Di sisi lain, Matuidi menghindari dua pemain bertahan lawan untuk mengirim umpan silang, namun Mandzukic tidak mampu menyambar bola kirimannya.

Juventus kemudian memecah kebuntuan pada menit ke-66, ketika Joao Cancelo mengirim umpan silang untuk disambut tandukan Mandzukic, di mana pemain Kroasia itu mampu mengantisipasi pergerakan mantan rekan setimnya Kwadwo Asamoah.

Nerazzurri menekan Juve saat mereka berupaya menyamakan kedudukan ketika Keita Balde Diao dan autaro Martinez dimasukkan, sedangkan Emre Can kembali dimainkan setelah menjalani operasi nodul tiroid.   

Pada fase akhir pertandingan, Martinez melepaskan sepakan voli yang melebar setelah Cancelo melakukan sapuan yang buruk. Namun sampai laga usai, tim tamu gagal mencetak gol penyama kedudukan.

Susunan pemain kedua tim seturut laman resmi Liga Italia:

Juventus (4-3-1-2): Szczesny, Cancelo, Bonucci, Chiellini, De Sciglio, Bentancur, Pjanic (Emre Can 82), Matuidi, Dybala (Douglas Costa 72), Mandzukic, Ronaldo

Inter Milan (4-3-3): Handanovic, Vrsaljko, Skriniar, Miranda, Asamoah, Gagliardini (Keita 70), Brozovic, Joao Mario (Lautaro Martinez 77), Politano (Borja Valero 58), Icardi, Perisic

Baca juga: Juventus semakin sulit dikejar

Baca juga: Pecundangi Fiorentina, Juve unggul 11 poin di puncak

Baca juga: Mandzukic bawa Juventus kalahkan Valencia dan lolos ke 16 besar

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2018