Jakarta (ANTARA News) - Grup K-pop Wanna One takkan memperpanjang kontrak mereka dan akan tetap dibubarkan pada akhir tahun, kata agensi Swing Entertainment seperti dikutip Yonhap, Selasa.

"Kontrak Wanna One akan berakhir pada 31 Desember seperti yang sudah direncanakan. Aktivitas resmi mereka tetap akan berlanjut hingga Januari," kata agensi dalam pernyataan resmi.

"Mereka akan berpartisipasi di acara penghargaan akhir tahun dan menemui penggemar untuk kali terakhir lewat konser bulan depan.

Kabar ini akan mengecewakan penggemar yang berharap Wanna One bakal memperpanjang kontrak hingga beberapa tahun mendatang.

Grup tersebut terdiri dari 11 pemenang acara kompetisi idola "Produce 101". Mereka mulai tampil sebagai Wanna One pada Agustus 2017 sebagai grup temporer yang sudah dijadwalkan bubar pada akhir tahun ini.

Baca juga: Setelah Produce 48, akan ada Produce X 101

Namun popularitas mereka yang meroket di dalam dan luar negeri, termasuk Indonesia, menimbulkan rumor dan antisipasi di antara penggemar bahwa ada kemungkinan kontrak mereka diperpanjang.

Pada kenyataannya, pihak-pihak terkait, termasuk CJ ENM, kepala dari agensi-agensi yang mewakili tiap anggota dan agensi Wanna One, sudah lama berdebat mengenai rencana masa depan grup tersebut sejak musim panas ini, namun tampaknya gagal untuk mencapai kesepakatan.

"Kami sangat menghargai penampilan luar biasa mereka selama 1,5 tahun. Kami juga mendukung awal karir baru mereka," kata agensi itu. 

"Kami juga berterimakasih pada dukungan penggemar lokal dan luar negeri yang mencintai Wanna One. Kami berharap dukungan dan doanya untuk para anggota Wanna One."

Baca juga: Curahan hati Wanna One dalam album terbaru mereka

Sejak debut, Wanna One langsung mendapatkan banyak penggemar dan lagu-lagunya populer, membuat mereka mendapat julukan "monster rookies".

Mereka sudah meluncurkan EP "1×1=1 (To Be One)" pada Agustus 2017 dan  "0+1=1 (I Promise You)" pada Maret, lalu album "1-1=0 (Nothing Without You)" pada November 2017 dan album istimewa "1÷X=1 (Undivided)" pada Juni.

Bulan lalu, Wanna One merilis album panjang "1¹¹=1 (Power of Destiny)."

Album terbaru mereka berisi 11 lagu, mengenai kenangan dan perjalanan musik 11 anggota dalam dua tahun terakhir, juga kekuatan mereka menghadapi ketakutan dan akhir grup mereka.

Dalam konferensi pers peluncuran album itu, para anggota bicara mengenai masa yang mereka lewati bersama.

Baca juga: Wanna One bicara album barunya

"Kami tak mungkin sampai di sini tanpa dukungan dari Wannable. Saya ingin berterimakasih pada semua yang menyukai kami," kata Park Ji-hoon. Wannable adalah sebutan untuk penggemar Wanna One. "Saya juga ingin bilang bahwa ini bukanlah akhir."

"Ini adalah perjalanan menyenangkan. Kami menghadapi banyak tantangan seru, dan saya tidak punya penyesalan. Sekarang, yang ingin saya pikirkan adalah bagaimana kami akan berusaha keras untuk penampilan mendatang," kata vokalis Kim Jae-hwan.

Kang Daniel, salah satu anggota terpopuler Wanna One, juga pemenang dari "Produce 101", mengatakan, "Rasanya pahit dan manis. Senang dan sedih pada saat bersamaan. Rasanya rumit."

Mereka akan tampil di Seoul Music Awards pada 15 Januari, juga mengadakan konser pamungkas bulan depan namun belum diumumkan tempat dan tanggal pastinya.
 

Penerjemah: Nanien Yuniar
Editor: Monalisa
Copyright © ANTARA 2018