Targetnya jalan tol Trans Sumatera dapat fungsional saat lebaran mendatang
Jakarta (ANTARA News) - PT Waskita Karya (Persero) Tbk menargetkan bisa merampungkan tiga proyek utama pembangunan jalan tol pada 2019 yakni jalan tol Trans Sumatera, Jakarta-Cikampek II Elevated dan ruas Pasuruan-Probolinggo.

"Yang jadi target nasional dari Terbanggi Besar sampai ke Palembang. Persisnya sampai di Kayu Agung sepanjang 185 km. Pemerintah meminta agar tol itu bisa dipakai masyarakat saat Lebaran," kata Direktur Utama Waskita Karya I Gusti Ngurah Putra dalam paparan kinerja perseroan di Jakarta, Jumat.

Gusti menuturkan proyek tol Trans Sumatera itu merupakan bagian dari proyek ruas tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung dimiliki oleh PT Hutama Karya (Persero).

Meski ditargetkan rampung sebelum Idul Fitri Juni mendatang, ia mengaku telah menyiapkan langkah antisipasi jika target penyelesaian meleset.

"Kalau pun tidak bisa selesai 100 persen, kami akan coba seperti di Jawa kemarin, yaitu memberlakukan tol fungsional," katanya.

Lebih lanjut, Gusti menjelaskan proyek lainnya yang paling penting adalah Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Elevated yang ditargetkan rampung sebelum Lebaran.

Proyek itu, menurut dia, bergantung pada material box girder sepanjang 60-70 meter yang perlu dipabrikasi.

"Apakah pemasok bisa penuhi itu atau tidak. Tapi dipastikan tahun ini selesai, pemerintah minta sebelum Lebaran. Mudah-mudahan bisa," katanya.

Proyek ketiga yang dinilai penting untuk rampung tahun ini, lanjut Gusti, yakni ruas tol Pasuruan-Probolinggo sepanjang 31,30 kilometer.

"Tol Pasuruan-Probolinggo ini kita akan bisa menyelesaikan lebih cepat, bulan Februari ini mungkin sudah bisa," katanya. 

Baca juga: Waskita siap jadi kontraktor LRT di Nusantara

Pewarta: Ade irma Junida
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2019