Kami datang bersama Kepala Dinas Sosial Ribka Haluk yang mewakili Gubernur Papua Lukas Enembe, sekaligus membawa bantuan kemanusiaan ke Nduga, bersama TNI dan Polri
Jayapura,  (ANTARA News) - Dinas Kesehatan Provinsi Papua mengirim tim kesehatan ke Kabupaten Nduga untuk membantu warga korban trauma pascakontak senjata antara TNI/Polri dan kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) beberapa waktu lalu.

Kepala rombongan tim kesehatan dari Provinsi Papua, Eli Tabuni ketika dihubungi dari Jayapura, Rabu, mengaku mereka sedang di Mbua, Kabupaten Nduga.

Ia mengatakan tim tersebut berjumlah 15 orang, dengan perincian tujuh orang dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Papua dan delapan orang dari Dinkes Kesehatan Nduga.

"Dari 15 orang ini, dua di antaranya dokter. Satu dokter spesialis dari Dinkes dan satu orang lainyanya dokter umum," katanya.

Menurut dia, tim kesehatan tersebut datang bersamaan dengan bantuan bahan makanan pokok dan obat-obatan yang dikirim dari Pemerintah Provinsi Papua pada Selasa (8/1).

 "Kami datang bersama Kepala Dinas Sosial Ribka Haluk yang mewakili Gubernur Papua Lukas Enembe, sekaligus membawa bantuan kemanusiaan ke Nduga, bersama TNI dan Polri," katanya.

Lebih lanjut, Eli mengungkapkan bahwa tim kesehatan akan bekerja selama tiga hari dan membuka posko di Distrik Yigi, Dall dan Bumelyama.

"Dengan harapan bisa memeriksa kesehatan warga terutama yang mengungsi. Kami juga berikan asupan makanan tambahan kepada balita dan ibu hamil," katanya.

Sebelummnya, Pemerintah Provinsi Papua menyerahkan bantuan bahan makanan, obat-obatan dan tenaga medis kepada masyarakat Kabupaten Nduga yang menjadi korban trauma pascakontak tembak antara TNI/Polri dengan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) beberapa waktu lalu.

Penyerahan bantuan itu dipusatkan di halaman Gereja Kingmi Jemaat Imanuel Kampung Mbua, Distrik Mbua, Kabupaten Nduga, Papua, Selasa pagi Kepala Dinas Sosial Provinsi Papua Ribka Haluk mewakili Gubernur Lukas Enembe kepada Bupati Nduga Yairus Gwijangge disaksikan para kepala kampung, kepala distrik dan warga tiga distrik Yigi, Dall dan Mbua yang hadir.

Penyerahan bantuan itu juga dihadiri dan disaksikan Danrem 172/PWY Kolonel (Inf) J Binsar P Sianipar, Dandim 1702/Jayawijaya Letkol (Inf) Chandra Dianto, Danyon 756/WMS Mayor (Inf) Arif Budi Situmeang dan Waka Polres Jayawijaya Kompol Andreas LJ Tampubolon.

 "Bantuan ini dikhususkan kepada warga pengungsi imbas dari kekerasan pada awal Desember 2018," kata Ribka Haluk saat sampaikan sambutan Gubernur Papua Lukas Enembe.

Bantuan kemanusiaan itu, berupa bahan makanan pokok seperti beras 50 ton, mie instan, makanan kaleng, minyak goreng, gula dan bantuan kesehatan kepada warga Nduga.

Baca juga: Dandim: Pengungsi Nduga sudah kembali karena jaminan keamanan

Baca juga: Warga korban insiden Nduga diberikan pemulihan trauma

Pewarta: Alfian Rumagit
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2019