Biak (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Biak Numfor, Papua menyiagakan sebanyak 50 petugas medis untuk melayani kebutuhan pemeriksaan kesehatan pengunjung pada kegiatan Sail Teluk Cenderawasih (STC) pada 21-27 November 2023.

"Kami juga buka posko kesehatan untuk melayani masyarakat dan wisatawan yang berkunjung ke lokasi STC di Kampung Samau Distrik Biak Kota," kata Kepala Dinkes Biak Daud Nathaniel Duwiri di Biak, Kamis.

Dia mengatakan untuk kelengkapan layanan kesehatan yang membutuhkan penanganan cepat selama STC pihaknya menyiapkan rumah sakit rujukan di antaranya ke RSUD Biak dan Rumah Sakit TNI AL dr R.Gandi AT.

Sementara untuk Puskesmas Biak Kota, lanjut Duwiri, pihak Dinkes akan jadikan sebagai tempat layanan kesehatan bagi wisatawan maupun warga Biak Numfor yang membutuhkan selama perhelatan STC 2023.

"Jajaran Dinkes Biak Numfor sudah siap memberikan dukungan layanan kesehatan selama ajang STC berlangsung 21-27 November 2023," kata Kadis Kesehatan Duwiri.

Fasilitas sarana kesehatan yang disiagakan, yakni mobil ambulans darat, satu unit ambulans laut, peralatan kesehatan, obat-obatan serta alat bantu oksigen.

Pelaksanaan STC Biak 2023 dengan kegiatan ekspor hasil perikanan dan kelautan, pameran kuliner UMKM, parade kapal wisata Yacth, atraksi seni budaya adat, pentas hiburan musik dan destinasi wisata serta beberapa kegiatan pendukung lainnya.

Empat kabupaten sebagai penyelenggara STC Biak pada 1-7 November 2023, yakni Biak sebagai tuan rumah, Kabupaten Sarmi, Kabupaten Waropen dan Kabupaten Yapen Kepulauan.

Pada STC 2023 panitia mengangkat tema "Menjaga kedaulatan kemaritiman Indonesia di Pasifik" dengan tagline Torang Hebat!

Baca juga: Dispar: 10 kapal layar yacth meriahkan Sail Teluk Cenderawasih Biak

Baca juga: Pelindo-Pelni siapkan KM Sinabung sebagai hotel apung STC Biak

Baca juga: Pemkab Biak: 145 pelaku UMKM mendaftar ikut Pameran Kuliner STC 2023

Pewarta: Muhsidin
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2023