counter

Memijat bayi tidak perlu ke dukun pijat, kata dokter

Memijat bayi tidak perlu ke dukun pijat, kata dokter

Pijat bayi (Shutterstock)

Jakarta (ANTARA News) - Sekedar memberikan pijatan ringan untuk bayi Anda tak perlu sampai meminta bantuan dukun atau tukang pijat bayi, menurut dokter spesialis anak dari FKUI, dr. Bernie Endyarni Medise, Sp A(K), MPH. 

"Melakukan baby massage penting. Tetapi enggak usah ke dukun bayi," ujar dia di Jakarta, Selasa. 

Ada berbagai macam manfaat bila orangtua yang melakukan sendiri pemijatan pada anak mereka, antara lain melatih kedekatan emosional anak dan orangtua dan membuat anak tidur lebih nyenyak. 

Baca juga: Perhatikan ini saat memijat bayi

Baca juga: Ayah dianjurkan pijat bayi mereka, ini manfaatnya


Selain itu bayi yang dipijat juga menunjukkan pertambahan berat badan, tangisan berkurang, stres berkurang dan nafsu makan meningkat. 

Dalam kesempatan berbeda, Direktur Pelayanan Kesehatan Tradisional, Kementerian Kesehatan, Dr. dr. Ina Rosalina, Sp.A(K), M.Kes, MH.Kes pernah mengatakan, pijat bayi juga bermanfaat untuk tumbuh kembang optimal bayi. 

"Anak dipijat dari ujung kepala sampai kaki. Ada yang mengarah menjauhi atau mendekati jantung. Kalori atau apapun yang dimakan bayi disalurkan, motorik lebih bagus, nafsu makan lebih baik. Saraf di daerah perut kita pijat. Semua sistem saraf jadi bagus," kata dia. 

Baca juga: Sebelum memijat bayi, mood ibu harus dijaga
 

Pentingnya Stimulasi Pijatan Bagi Bayi dan Anak

Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Monalisa
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar