counter

Bursa Australia melemah, Indeks ASX 200 dibuka turun 0,14 persen

Bursa Australia melemah, Indeks ASX 200 dibuka turun 0,14 persen

Illustrasi: Pergerakan harga saham Bursa Efek Australia (Reuters)

Harga-harga obligasi menemukan dukungan dan pasar mata uang tetap stabil
Sydney (ANTARA News) - Saham-saham Bursa Australia dibuka lebih rendah pada perdagangan Rabu pagi, setelah hari-hari sebelumnya meningkat, karena saham-saham bank dan layanan kesehatan bergerak melemah.

Pada pukul 10.30 waktu setempat, Indeks Acuan S&P/ASX 200 turun 8,20 poin atau 0,14 persen menjadi diperdagangkan di 5.997,70 poin, sedangkan Indeks All Ordinaries yang lebih luas naik tipis 0,10 poin atau 0,0016 persen pada 6.068,20 poin.

Bank-bank besar Australia telah mengembalikan sebagian keuntungan yang mereka dapatkan pada Selasa (5/2) menyusul rilis laporan penyelidikan, sementara pelayanan dan konsumen juga turun.

Di luar negeri, laba perusahaan-perusahaan yang lebih baik dari perkiraan dengan latar belakang suku bunga yang lebih rendah, mendorong kenaikan lebih lama. "Harga-harga obligasi menemukan dukungan dan pasar mata uang tetap stabil," kata Kepala Analis Pasar CMC Markets, Michael McCarthy seperti dikutip dari Xinhua.

Harga minyak jatuh karena kepatuhan Rusia yang lebih lambat terhadap pemotongan OPEC, tetapi tembaga dan bijih besi menambah kenaikan baru-baru ini.

Saham-saham energi lokal terangkat, sementara material menguat sekitar setengah persen.

Teknologi informasi melonjak mengikuti petunjuk dari pasar luar negeri, sementara industri dan jasa-jasa komunikasi meningkat tajam.

Di sektor keuangan, bank-bank besar Australia merosot dengan Commonwealth Bank turun 1,21 persen, ANZ turun 1,01 persen, National Australia Bank turun 0,84 persen, dan Westpac Bank turun 1,31 persen.

Saham-saham pertambangan beragam, dengan BHP naik 0,03 persen, Fortescue Metals turun 0,17 persen, Rio Tinto naik 0,08 persen dan penambang emas Newcrest naik 0,21 persen.

Produsen-produsen minyak dan gas juga bervariasi, Oil Search turun 1,01 persen, Santos turun 1,07 persen, dan Woodside Petroleum turun 1,13 persen.

Jaringan supermarket terbesar Australia merosot, dengan Coles turun 1,96 persen, dan Woolworths turun 0,81 persen.

Sementara itu raksasa telekomunikasi Telstra menguat 0,95 persen, perusahaan penerbangan nasional Qantas terangkat 1,29 persen dan perusahaan biomedis CSL jatuh 1,86 persen.

Baca juga: Wall Street menguat, saham Boeing melonjak jadi 410,18 dolar

Baca juga: Dolar AS menguat, investor menunggu pidato kenegaraan Trump

Baca juga: Harga emas turun tipis jelang pidato tahunan Trump

Baca juga: Harga minyak merosot, kekhawatiran perlambatan ekonomi kembali merebak

 

Pewarta: Apep Suhendar
Editor: Risbiani Fardaniah
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar