Anak kurang mampu berprestasi menjadi prioritas Unversitas Malikussaleh

Anak kurang mampu berprestasi menjadi prioritas Unversitas Malikussaleh

Rektor Unimal Dr Herman Fithra ST MT. (FOTO ANTARA/HO-aceh.antaranews.com/Mukhlis)

Kami tetap memberikan prioritas bagi anak-anak Aceh yang kurang mampu akan tetapi memiliki prestasi, sehingga dapat mengenyam pendidikan tinggi di Unimal
Lhokseumawe, Aceh (ANTARA News) - Universitas Malikussaleh (Unimal), Provinsi Aceh, memrioritaskan pendidikan bagi anak kurang mampu akan tetapi berprestasi di Aceh.

"Kami tetap memberikan prioritas bagi anak-anak Aceh yang kurang mampu akan tetapi memiliki prestasi, sehingga dapat mengenyam pendidikan tinggi di Unimal," kata Rektor Unimal, Dr Herman Fitra ST, MT pada acara silaturahim  dengan wartawan di Lhokseumawe, Rabu.

Dia mengemukakan, Unimal memiliki keinginan yang besar agar anak-anak kurang mampu dari berbagai pelosok di Aceh dapat mengenyam pendidikan yang baik.

Sehingga bagi Unimal, kata dia, apabila ada anak Aceh yang kurang mampu akan tetapi memiliki semangat belajar yang tinggi, pihaknya akan menerima supaya lebih meningkat kualitas pendidikan bagi anak Aceh.

"Saya akan berusaha untuk memajukan pendidikan bagi anak-anak Aceh agar lebih kedepan dan mampu bersaing dengan daerah lain baik dalam berbagai bidang ilmu pengetahuan," ujar Rektor.

Dikatakannya, sebagai salah satu bukti kepedulian Unimal terhadap anak kurang mampu namun berprestasi adalah menjadi salah satu perguruan tinggi yang terbanyak penerima Bidikmisi.

Selain itu, untuk menambah jumlah penerima beasiswa dan membuka kesempatan bagi anak-anak kurang mampu di Aceh, pihaknya akan mencari dan mengupayakan sumber-sumber beasiswa selain Bidikmisi.

"Kami mengharapkan Dana Otonomi Khusus Aceh (Doka) dapat menyokong beasiswa bagi anak-anak kurang mampu dan anak yatim yang ada di pedalaman Aceh. sehingga anak-anak tersebut berkesempatan menerima pengetahuan yang lebih baik di perguruan tinggi," katanya.

Dia juga mengatakan, bahwa terdapat dua program studi (prodi) favorit di Unimal yakni kedokteran dan teknik.

Untuk Prodi kedokteran jumlah kuota mahasiswa yang diberikan setiap tahunnya hanya 80 orang.

Ke depan pihaknya akan berusaha agar kuota mahasiswa yang diterima untuk Prodi kedokteran dapat ditambah dan menjadi peluang besar bagi anak kurang mampu untuk mengenyam pendidikan di kedokteran.

Baca juga: Universitas Malikussaleh dampingi 44 pengusaha pemula

Baca juga: Gedung rektorat Unimal terbakar

Pewarta: Mukhlis
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar