Jakarta (ANTARA) - Dalam sebuah penelitian baru-baru ini, peneliti mengidentifikasi bahwa kelebihan berat badan (obesitas) berisiko membuat anak-anak dan orang dewasa muda mengalami kekurangan zat besi (defisiensi).

Dilansir dari Medical Daily, Sabtu, penelitian dilakukan oleh para ahli nutrisi dari Universitas Leeds di Inggris kepada ribuan penelitian medis dari 44 negara yang melibatkan peserta di bawah usia 25 tahun, dengan mencatat kadar zat besi dan vitamin serta mineral lainnya bersama dengan berat badan mereka.

Analisis yang dipublikasikan di jurnal BMJ Global Health itu, menunjukkan bahwa kekurangan zat besi berkaitan dengan kondisi anak-anak dan remaja yang kekurangan berat badan dan obesitas. Namun, kekurangan zinc dan vitamin A hanya ditemukan pada anak-anak yang kekurangan gizi.

Baca juga: Pakar paparkan 4 hal yang perlu diperhatikan dalam pemberian susu anak

Baca juga: Anemia bisa pengaruhi perkembangan otak anak sampai usia 5 tahun


Kekurangan zat besi dapat menyebabkan anemia, suatu kondisi yang mengakibatkan kurangnya sel darah merah yang sehat. Gejalanya antara lain kelelahan, lemas, kulit pucat, kuku rapuh, dan nafsu makan buruk.

Anemia dengan defisiensi besi dapat menyebabkan komplikasi termasuk gangguan jantung seperti detak jantung tidak teratur, kelahiran prematur, berat badan lahir rendah pada ibu hamil, dan keterlambatan tumbuh kembang pada anak kecil.

Penelitian sebelumnya telah mengidentifikasi kekurangan zat besi sebagai masalah pada orang dewasa yang menderita obesitas, namun penelitian terbaru adalah yang pertama melihat hubungan tersebut pada anak-anak.

“Hubungan antara kekurangan gizi dan zat gizi mikro yang penting bagi pertumbuhan dan perkembangan anak sudah diketahui dengan baik, namun sedikit yang diketahui mengenai risiko kekurangan zat besi, vitamin A, dan zinc pada anak-anak dan remaja yang kelebihan berat badan atau obesitas, sehingga menjadikan hal ini sebagai bentuk tersembunyi dari penyakit. malnutrisi,” kata penulis utama Xiaomian Tan dalam siaran persnya.

Para peneliti percaya bahwa kekurangan zat besi pada anak-anak yang kelebihan berat badan mungkin disebabkan oleh mekanisme gangguan peradangan yang mengatur penyerapan zat besi.

“Pada usia 11 tahun di Inggris, satu dari tiga anak hidup dengan kelebihan berat badan atau obesitas, dan data kami menunjukkan bahwa bahkan pada anak-anak yang kelebihan berat badan, peradangan yang menyebabkan kekurangan zat besi bisa menjadi masalah,” kata pengawas penelitian Bernadette Moore.

Menurut Moore status zat besi mungkin tidak sebanding dengan tambang batu bara, namun masalah sebenarnya adalah peradangan yang berkepanjangan menyebabkan penyakit jantung, diabetes dan perlemakan hati.

Untuk mengurangi peradangan dan meningkatkan status zat besi, para peneliti merekomendasikan untuk meningkatkan aktivitas fisik dan pola makan, sementara mereka menggarisbawahi perlunya penelitian lebih lanjut mengenai efektivitas intervensi ini.

Baca juga: Ahli: Anak thalasemia bisa hidup sehat asal tata laksana benar

 

Penerjemah: Hreeloita Dharma Shanti
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2024