counter

Sepak Bola Dunia

CONMEBOL klaim Amerika Selatan favorit tuan rumah Piala Dunia 2030

CONMEBOL klaim Amerika Selatan favorit tuan rumah Piala Dunia 2030

Conmebol (ANTARA/Juns)

Jakarta (ANTARA) - Penawaran bersama Argentina, Uruguay, Paraguay dan Chili menjadi favorit untuk memenangkan kompetisi menjadi tuan rumah Piala Dunia 2030, kata Presiden Konfederasi Sepak Bola Amerika Selatan (CONMEBOL) Alejandro Dominguez  pada Rabu.

Penawaran awal untuk penyelenggara Piala Dunia 2030 disampaikan oleh Argentina dan Uruguay. Namun kemudian negara tetangganya, Paraguay dan Chili, ikut bergabung, demikian dilansir dari Reuters pada Kamis.

"Hari ini saya pikir kami merupakan favorit untuk menang," kata Alejandro Dominguez kepada wartawan. "Jika kita melakukan pekerjaan kita di Conmebol dan negara-negara itu juga melakukan tugas mereka, maka kita menjadi favorit untuk menang."

Dominguez berbicara setelah pertemuannya dengan presiden dari empat negara yang mengajukan penawaran tersebut saat Konferensi PBB tentang Kerja sama Selatan-Selatan di Buenos Aires.

Penawaran itu dirancang bertepatan dengan peringatan 100 tahun Piala Dunia pertama yang berlangsung di Uruguay pada 1930.

Keempat negara Amerika Selatan diperkirakan menghadapi persaingan yang ketat, dengan Maroko, Spanyol, Portugal dan Inggris di antara negara-negara lainnya yang juga menyatakan minat untuk menjadi tuan rumah acara tersebut.

Piala Dunia 2022 akan diadakan di Qatar dan turnamen serupa pada tahun 2026 bakal di selenggarakan di AS, Meksiko, dan Kanada.

Baca juga: Chili-Peru tuan rumah final kompetisi klub Amerika Selatan 2019

Baca juga: CONMEBOL dukung AS-Meksiko-Kanada tuan rumah Piala Dunia 2026

Pewarta: Junaydi Suswanto
Editor: Triono Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar