Target medali esports SEA Games ditentukan usai try out pelatnas

Target medali esports SEA Games ditentukan usai try out pelatnas

Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi menghadiri turnamen Piala Presiden Esports 2019 di Istora Senayan GBK, Jakarta, Sabtu (30/3/2019) (Cornea Khairany)

Jakarta (ANTARA) - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi menyatakan baru akan menentukan target perolehan medali untuk cabang olahraga elektronik (esports) dalam SEA Games 2019 di Filipina selepas proses try out pemusatan latihan nasional.

Sayangnya, tahap seleksi bagi para atlet esports menuju pelatnas SEA Games 2019 juga masih belum ditentukan waktunya.

"Target untuk SEA Games nanti dulu, mungkin sekitar Agustus atau September 2019, setelah proses try out di pelatnas," kata Imam saat menghadiri turnamen Piala Presiden Esports 2019 di Istora Senayan, GBK, Jakarta, Sabtu.

"Untuk seleksi pelatnas atlet esports masih kami matangkan kembali. Sebetulnya Piala Presiden ini merupakan bagian dari seleksi pelatnas. Mungkin kami akan ambil juara-juaranya, nanti kami atur lagi," ujar Imam.

Lebih lanjut, dia mengungkapkan dalam pelatnas tersebut nantinya juga akan diberlakukan promosi dan degradasi, sama seperti cabang-cabang olahraga lainnya.

"Kemudian, nanti juga akan ada try out. Jadi, para atlet akan dikirim ke luar negeri untuk bertanding dengan atlet-atlet lain. Ini yang akan kami lakukan untuk meningkatkan prestasi mereka," tutur Imam.

Baca juga: Piala Presiden Esports, Onic salah satu tim paling diperhitungkan

Baca juga: Piala Presiden Esports, Revo tim regional pertama tembus delapan besar


Dia menambahkan untuk nomor pertandingan atau jenis-jenis permainannya (games), nantinya juga akan diperbanyak, sehingga tidak hanya terbatas pada satu jenis permainan saja.

"Jadi nanti nomor pertandingannya bukan Mobile Legend saja, tapi ada juga gim lainnya, diantaranya Arena of Valor dan masih banyak lagi. Atlet-atlat esports itu memang harus kita perhatikan," tambah Imam.

Berkaitan dengan perkembangan esports di tanah air, saat ini sedang berlangsung grand final turnamen Piala Presiden Esports 2019 di Istora Senaya Gelora Bung Karno (GBK). Senayan, Jakarta hingga Minggu (31/3) besok.

Sebanyak 16 tim, yang terdiri dari delapan tim regional dan delapan tim profesional esports saling bersaing untuk menjadi juara turnamen bergengsi tersebut.

Piala Presiden Esports 2019 diselenggarakan oleh Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf), Kementerian Pemuda dan Olahraga, Kantor Staf Presiden dan Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Baca juga: Pemerintah berkomitmen dukung esports di Indonesia

Baca juga: Total transaksi di industri gaming Indonesia capai Rp15 triliun


Pewarta: Rr. Cornea Khairany
Editor: Gilang Galiartha
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Cara PT KAI rangkul dan fasilitasi kaum milenial

Komentar