Jakarta (ANTARA) - Pebalap Ferrari Charles Leclerc meraih pole position perdananya di ajang balapan Formula 1 usai menjadi yang tercepat di sesi kualifikasi GP Bahrain pada Sabtu.

Pebalap berusia 21 tahun asal Monako itu menjadi pemegang pole position termuda kedua setelah Sebastian Vettel, yang meraih posisi start terdepan pertamanya ketika berusia 21 tahun 73 hari, kala itu dengan mobil Toro Rosso di Monza tahun 2008, demikian Reuters pada Sabtu.

Rekan satu tim Leclerc, Vettel mengamankan P2 untuk Ferrari, yang tampil mendominasi baik di sesi latihan bebas maupun kualifikasi GP Bahrain akhir pekan ini.

"Aku sangat senang. Seb adalah pebalap hebat, tapi hari ini aku senang bisa berada di pole," ungkap Leclerc seperti dikutip Formula1.com

Leclerc membuat rekor baru di Sakhir dengan catatan 1 menit 27,866 detik di lap terakhirnya untuk mengungguli 0,294 detik dari catatan Vettel.

Itu merupakan pole position pertama bagi Ferrari sejak terakhir kali meraihnya pada September tahun lalu di GP Italia.

Sementara itu, Vettel mengaku sedikit lambat di sektor kedua trek Sakhir sehingga dia gagal mencatatkan waktu terbaiknya untuk berada di depan.

"Yang paling utama adalah kami menyelesaikan pekerjaan kami, akhir pekan ini mobil terasa jauh lebih baik," kata Vettel.

Baca juga: Ferrari dominasi sesi latihan bebas FP1-FP2 GP Bahrain

Sebelumnya kedua mobil Ferrari mendominasi sesi latihan pada Jumat dan keluar sebagai mobil yang tercepat di antara rival-rival mereka.

Juara dunia lima kali Lewis Hamilton (Mercedes) terpaut 0,324 detik dari waktu Leclerc dan akan start dari peringkat tiga, diikuti oleh rekan satu timnya, Valtteri Bottas yang akan start dari P4.

"Charles menyelesaikan tugasnya dengan baik. Besok adalah hari yang lebih penting dan kami akan memberi perlawanan bagus untuk Ferrari," kata Hamilton.

Max Verstappen dengan mobil Red Bull RB15 mengamankan P5, sedangkan rekan satu timnya, Pierre Gasly tidak lolos Q2 dan harus puas start dari P13.

Duo pebalap Haas, Kevin Magnussen dan Romain Grosjean meraih P6 dan P8 dengan Carlos Sainz dari McLaren yang berada di antara mereka di P7.

Kimi Raikkonen berada di P9 untuk Alfa Romeo, diikuti Lando Norris dari McLaren yang hanya mampu meraih P10 di Q3.

Daniel Ricciardo kurang beruntung di P11 dan tidak lolos ke Q3 untuk bersaing memperebutkan posisi 10 besar.

Pebalap Thailand Alexander Albon akan start dari P12 setelah tampil lebih baik dari Pierre Gasly, yang sama-sama mengemudikan mobil bermesin Honda.

Sergio Perez membawa mobil Racing Point di P14, diikuti oleh Daniil Kvyat yang gagal lolos di Q2 untuk tempat ke-15 bagi Toro Rosso.

Nico Hulkenberg yang lumayan cepat ketika sesi latihan, bahkan sempat mencatatkan waktu lima besar di FP2 dengan mobil Renault, tidak mampu lolos Q1 dan akan start dari P17 di belaknag Antonio Giovinazzi (Alfa Romeo).

Lance Stroll (Racing Point) beserta duo pebalap Williams George Russel dan Robert Kubica akan start dari tiga posisi paling belakang. Baca juga: Patrick Head kembali ke Williams sebagai konsultan

Baca juga: Sean incar hasil positif di seri pembuka Formula 2

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Gilang Galiartha
Copyright © ANTARA 2019