Kepercayaan ini merupakan kesempatan bagi kami untuk mengukuhkan kiprah kami di dunia, khususnya pada bidang perawatan komponen
Tangerang (ANTARA) - PT Garuda Maintenance Facility AeroAsia mulai menggarap perawatan 11 komponen pesawat Airbus tipe A320 yang dituangkan dalam perjanjian kerja sama antar kedua perusahaan tersebut.

Perjanjian tersebut ditandatangani oleh Direktur Bisnis & Base Operation GMF, Tazar Marta Kurniawan dan Vice President Customer Service Asia Pasific Airbus, Bruno Bousquet di Hangar 4 GMF, Tangerang, Selasa.

Di dalam perjanjian tersebut, Airbus menyerahkan komponen permulaan di antaranya landing gear control interface unit, static inverter dan slat flap control computer dan lain-lain.

Selain itu, akan ada tambahan “part number” lainnya yang diserahkan oleh Airbus.

Direktur Bisnis & Base Operation GMF Tazar Marta Kurniawan mengungkapkan pihaknya terus berusaha menjaga kolaborasi yang telah terjalin lama dengan Airbus.

“Kepercayaan ini merupakan kesempatan bagi kami untuk mengukuhkan kiprah kami di dunia, khususnya pada bidang perawatan komponen. Selain itu dengan kerja sama ini, GMF dapat meningkatkan kapabilitas dan memberikan pelayanan kepada lebih banyak maskapai di regional Asia” kata Tazar.

Selain perawatan komponen, GMF juga berencana akan merambah kolaborasi pada lini perawatan Airframe dengan Airbus.

Program yang disepakati GMF dengan salah satu pabrikan pesawat terbesar di dunia ini merupakan bentuk akselerasi GMF untuk mencapai visinya menjadi sepuluh besar MRO di dunia.

“Kami terus membuka peluang untuk berkolaborasi. Tidak hanya dengan MRO lain, kami juga tidak menutup kesempatan untuk bermitra dengan pabrikan pesawat kelas dunia” kata Tazar.

Vice President Customer Service Asia Pasific Airbus Bruno Bousquet mengatakan bahwa Airbus mempercayakan GMF sebagai sebagai “center of excellence” perawatan komponen untuk Airbus Commercial.

“Perjanjian kerja sama ini sejalan dengan komitmen Airbus Flight Hours Services (FHS) untuk memberikan komponen secara tepat waktu dan tanpa hambatan, di mana pun mereka dibutuhkan. Hal ini juga memperkuat kesuksesan kemitraan jangka panjang antara Airbus, Garuda Indonesia dan GMF AeroAsia serta menunjukkan dukungan kami terhadap perkembangan sektor aviasi Indonesia,” kata Bruno Bousquet.

Kemitraan ini melanjutkan kerja sama sebelumnya yang pernah dijalin, yakni pada 2013 GMF resmi ditunjuk sebagai pusat pelatihan perawatan pesawat keluaran Airbus.

GMF dipercaya sebagai tempat pelatihan yang diakui (Approve Training) di area area regional Asia Tenggara dan sekitarnya untuk pesawat tipe Airbus A320 CEO dan A320 NEO.

Adapun kerja sama ini diperbaharui pada 2018 dengan menambah beberapa cakupan pelatihan untuk untuk Engine Ground Run Up Aribus A320 dan A330 serta Extended-range Twin-engine Operational Performance Standards (ETOPS) Training dengan jangka waktu lima tahun. 

Baca juga: GMF mulai jalankan Indonesia Service Hub
Baca juga: GMF bagikan dividen enam juta dolar AS


Pewarta: Juwita Trisna Rahayu
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2019