Malang (ANTARA) - Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla dijadwalkan menghadiri Festival Kebangsaan II Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) Sabtu (6/4).

Rektor UMM, Dr Fauzan di Malang, Jumat, mengemukakan Festival Kebangsaan II ini merupakan agenda untuk mengejawantahkan nilai-nilai kebangsaan sekaligus untuk mempersatukan gagasan. UMM ingin berperan aktif dalam menjembatani jarak antar-perbedaan menuju kebersamaan.

Festival Kebangsaan pada tahun ini mengambil tema "Mengukuhkan Semangat Kebhinekaan menuju Indonesia Berkemajuan". Dihadirkannya Wakil Presiden tersebut, atas pertimbangan kontribusinya pada harmonisasi kehidupan kebhinekaan, serta kedekatannya dengan Muhammadiyah.

Jusuf Kalla, tepat di hari peringatan Milad Persyarikatan Muhammadiyah beberapa waktu lalu, oleh Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah secara khusus dianugerahi Muhammadiyah Award. Ketua Umum PP Muhammadiyah, Haedar Nashir mengatakan penganugerahan itu sebagai wujud penghargaan tertinggi atas dedikasinya kepada bangsa.

Penghargaan tertinggi tersebut diberikan kepada Jusuf Kalla sebagai tanda terima kasih dan penghormatan PP Muhammadiyah. Jusuf Kalla dinilai sebagai tokoh bangsa yang berperan penting dan penuh pengabdian dalam menyelesaikan konflik serta membangun perdamaian serta kemanusiaan.

"Pak Jusuf Kalla telah menggoreskan sejumlah kepeloporan dan kiprah nyata dalam merekat integrasi nasional," ucap Fauzan.

Kedekatan Jusuf Kalla dengan organisasi Muhammadiyah sudah berlangsung lama. Bukan tanpa sebab, Jusuf Kalla mengaku sejak kecil dibesarkan dalam lingkungan keluarga Muhammadiyah, bahkan sang ibu, Athirah Kalla, pernah tercatat sebagai pengurus Aisyiyah di Makassar. Bagi Jusuf Kalla, Aisyiyah sudah menjadi pelopor bagi negara, terutama dalam bidang pendidikan dan gerakan perempuan.

Lawatan Wakil Presiden RI Jusuf Kalla ke Kampus Putih pernah dilakukan pada 2014. Jusuf Kalla datang ke UMM bersama Megawati dalam kesempatan penganugerahan UMM Award untuk tokoh bangsa yang menjatuhkan pilihan kepada suami Megawati, Dr (H.C.) H. Muhammad Taufiq Kiemas dan saat itu Jusuf Kalla berstatus sebagai Wakil Presiden RI ke-10.

Kehadiran Jusuf Kalla bersama Megawati saat itu juga sekaligus untuk meresmikan Rumah Sakit UMM. Megawati berpesan melalui pendirian rumah sakit ini, akan lahir dokter-dokter profesional. Dalam kesempatan itu Megawati menyumbangkan lima unit ambulans kepada RS UMM.

Festival ini menjadi puncak dari beberapa agenda di UMM sebelumnya yang menggalang partisipasi dari berbagai kalangan masyarakat dan mahasiswa. Pada festival ini, akan digelar, yakni Rembug Kebangsaan, Gelar Seni Budaya Tradisional, Gelar Karya Produktif Dosen dan Mahasiswa, serta ditutup dengan dihelatnya peresmian infrastruktur baru milik UMM.

Selain menghadiri Festival Kebangsaan, Wapres juga didapuk meresmikan infrastruktur terbaru UMM yang tuntas dibangun pada tahun ini, yakni Gedung Kuliah Bersama (GKB) IV, Hotel Pendidikan Kapal Garden Hotel, jembatan, dan Rumah Susun Mahasiswa di lingkungan Rumah Sakit UMM.

 

Pewarta: Endang Sukarelawati
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2019