counter

WNI di Amerika kirim pesan pemilu damai dari Washington

WNI di Amerika kirim pesan pemilu damai  dari Washington

Perbedaan pilihan politik mestinya tidak menghalangi terjalinnya persaudaraan di antara warga negara Indonesia yang berada di Amerika Serikat. Demikian pesan yang ingin disampaikan para peserta “Piknik Ukhuwah” (Piknik Persaudaraan) yang digelar Pusat Informasi dan Pelayanan (PIP) Partai Keadilan Sejahtera untuk wilayah Washington DC, Maryland dan Virginia (DMV) di Wheaton Regional Park, Maryland, pada hari Minggu. (7/4/2019). (ANTARA)

London (ANTARA) - Perbedaan pilihan politik mestinya tidak menghalangi terjalinnya persaudaraan di antara warga negara Indonesia yang berada di Amerika Serikat. Demikian pesan yang ingin disampaikan para peserta “Piknik Ukhuwah” (Piknik Persaudaraan) yang digelar Pusat Informasi dan Pelayanan (PIP) Partai Keadilan Sejahtera untuk wilayah Washington DC, Maryland dan Virginia (DMV) di Wheaton Regional Park, Maryland, pada hari Minggu, (7/4).

Pengurus PIP PKS Amerika Serikat yang mewakili panitia menyatakan Eko Iswanto, kepada Antara London, Selasa menyebutkan Piknik Ukhuwah sengaja diselenggarakan untuk menyambut pesta demokrasi. “Piknik ini dalam rangka menjaga suasana dan memberi pesan damai penuh dengan ikatan persaudaraan atau ukhuwah di antara kader dan simpatisan PKS di Amerika pada khususnya dan diaspora pemilih di Amerika pada umumnya,” ujar Eko.

Para peserta menyambut baik kegiatan “Piknik Persaudaraan” ini.”Saya memiliki pilihan calon presiden yang berbeda dengan PKS dari sejak lima tahun lalu, namun kehadiran saya dan suami disambut dengan baik, ramah dan hangat oleh kader dan simpatisan PKS di acara piknik ini,” ujar Uppy Zein, salah seorang peserta.

Uppy termasuk satu dari sekitar 150 warga Indonesia yang tinggal area DMV, mengadiri dan menyemarakkan “Piknik Ukhuwah”. Sebagian besar peserta adalah simpatisan PKS, tapi hadir pula perwakilan dan simpatisan partai-partai lain dan diaspora Indonesia di AS. Mereka berasal dari negara bagian Illinois dan Texas yang jauh-jauh datang untuk menghadiri piknik.

Sofi, seorang ibu rumah tangga dan salah satu simpatisan PKS berharap kegiatan yang diinisasi oleh PKS dalam suasana keakraban dan kekeluargaan ini menjadi contoh bagi partai-partai lain dalam menghadirkan suasana sejuk dalam kompetisi positif di setiap hajatan pemilu di Indonesia.

Sementara itu Rudi, yang berasal dari luar area DMV mengatakan, acara ini bukan sekedar piknik, saya dan istri menikmati dan merasakan kehangatan ukhuwah Islamiyah (persaudaraan umat Islam) sekaligus ukhuwah wathoniyah (persaudaraan bangsa) dalam acara ini.”

Seperti halnya acara-acara yang digelar warga Indonesia di luar negeri, “Piknik Ukhuwah” ini menyediakan makanan khas Indonesia. Selain itu juga menyediakan tidak kurang dari tiga ekor kambing guling sebagai menu andalan yang siap disantap oleh peserta.

Games dan kuis juga menjadi daya tarik tersendiri di acara tersebut. “Anak-anak senang dengan acara ini,” kata Sonny, salah satu peserta piknik.

Acara piknik di musim semi ini disemarakkan dengan pembacaan puisi dari Nur Adnan, salah satu sesepuh diaspora Indonesia di area DMV dan Ina Nasution, yang mewakili barisan emak-emak pendukung pemilu damai.

Di akhir acara, ada doa bersama agar pelaksanaan Pemilu 2019 bisa berlangsung damai dan doa bagi kemenangan PKS.

“Piknik Ukhuwah” di Maryland ini adalah bagian dari rangkaian kegiatan PIP PKS di Eropa dan Amerika selama masa kampanye Pemilu 2019.

Sebelumnya digelar acara silaturahim akbar di Jerman, Belanda, Inggris, dan Turki, baik yang diselenggarakan PIP PKS maupun dengan menggandeng perwakilan partai-partai anggota Koalisi Adil Makmur di Eropa. 


Baca juga: Polresta Sidoarjo ajak ormas keagamaan untuk pemilu damai
Baca juga: Warga Banyumas gelar "Kenduri Nusantara" doakan pemilu damai
Baca juga: Bawaslu Tangerang gandeng ulama pemilu damai 2019


Pertemuan Prabowo dan Jokowi di Stasiun MRT

Pewarta: Zeynita Gibbons
Editor: Tasrief Tarmizi
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar