Medan (ANTARA) - Personel Direktorat Reserse Narkoba Polda Sumatera Utara memusnahkan barang bukti penyalahgunaan narkoba jenis sabu-sabu seberat 160,71 kilogram (kg), 62.466 butir pil ekstasi, epilon 31,3 gram, ganja seberat 0,53 gram dan pil happy five 224 butir.

Waka Polda Sumut Brigjen Pol Mardiaz Kusin Dwihananto di Mapolda, Selasa, mengatakan barang bukti narkoba yang dibakar itu merupakan hasil sitaan dari Ditresnarkoba Polda Sumut periode Desember 2018 sampai Maret 2019.

Dalam perkara narkoba yang ditangani Polda Sumut, menurut dia, dengan jumlah kasus 51 dan tersangka 85 orang. "Pemusnahan barang bukti narkoba dilakukan setelah terlebih dahulu diteliti kebenarannya oleh staf Laboratorium Forensik Cabang Medan," ujar Mardiaz.

Selanjutnya untuk barang bukti berupa sabu, pil ekstasi, pil ekstasi, epilon dan pil happy five dimasukkan ke dalam air panas yang sudah mendidih/dicampur serta diaduk sampai dengan merata.

Kemudian dibuang ke dalam lubang tanah yang sudah dipersiapkan. Sedangkan untuk barang bukti ganja dilakukan dengan cara membakar. "Para tersangka narkoba itu, melanggar Undang-undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Tindak Pidana Narkoba," katanya.

Pemusnahan barang bukti itu, disaksikan Diresnarkoba Polda Sumut Kombes Pol Hendri Marpaung, mewakili Kejaksaan Tinggi Sumut, Pengadilan Negeri Medan, BNN Provinsi Sumut, BBPOM Medan dan para tersangka.
Baca juga: Polda Kalsel tangkap 29 pengedar narkoba
Baca juga: BNN Sumsel musnahkan barang bukti sabu jaringan Medan
Baca juga: Polda tangkap caleg DPRD Kota Bandung terjerat narkoba

Pewarta: Munawar Mandailing
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2019