Makassar (ANTARA) - Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto menyatakan kontribusi perekonomian Makassar terhadap Sulawesi Selatan sebesar 34,17 persen atau lebih dari sepertiga ekonomi provinsi ini.

"Pertumbuhan ekonomi Makassar melampaui semua capaian provinsi dan daerah, bahkan kontribusinya untuk ekonomi Sulsel itu lebih dari sepertiga," ujar Ramdhan Pomanto di hadapan para legislator DPRD Makassar, Rabu.

Ia mengatakan kontribusi ekonomi Makassar pada pulau Sulawesi juga sangat besar 25,37 persen atau seperempat lebih dari pencapaian seluruh provinsi di pulau Sulawesi.

Danny --sapaan akrab Ramdhan Pomanto-- menyatakan naiknya Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Kota Makassar juga berimplikasi pada meningkatnya pendapatan per kapita masyarakat Makassar.

Berdasarkan data pendapatan per kapita warga Makassar diproyeksikan pada 2018 sebesar Rp108,04 juta lebih dari sebelumnya pada 2014 sebesar Rp70,24 juta lebih atau meningkat 53,81 persen.

"Posisi Makassar sangat sentral di Sulsel, bahkan di pulau Sulawesi. Naiknya PDRB Makassar juga berpengaruh pada pendapatan per kapita warga," katanya.

Selain itu jumlah uang yang beredar sebagaimana nilai PDRB atas dasar harga berlaku pada 2018 diproyeksikan sebesar Rp160,76 triliun lebih.

Angka tersebut menurut dia, mengalami peningkatan sebesar Rp60 triliun lebih dari tahun 2014 yaitu sebesar Rp100,39 triliun lebih atau meningkat 60,13 persen.*

Baca juga: Wamenkeu buka konferensi keuangan syariah di Makassar

Pewarta: Muh. Hasanuddin
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2019