Bandarlampung (ANTARA) - Sebuah tempat pemungutan suara (TPS) didirikan oleh warga Kota Bandarlampung yaitu TPS 34 disiapkan dengan konsep menyerupai pesta pernikahan, dalam menyambut pemilihan umum (Pemilu) 17 April 2019 ini.

"Besok kan kita akan berpesta jadi kami buat konsepnya menyerupai pesta pernikahan, agar warga di sini juga bisa menikmati pesta demokrasi ini," kata Ketua Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) TPS 34 Kelurahan Sukarame, Bandarlampung, Rino Harmawan, Rabu.

Ia menambahkan, konsep TPS 34 yang terdapat di Jalan Karimun Jawa itu dibuat untuk memberikan edukasi kepada masyarakat sekitar dan anak-anak yang kemudian hari akan menjadi pemilih bahwa pemilu itu adalah hal yang baik dan bukan suatu hal yang menakutkan.

"Intinya untuk memeriahkan pemilu serentak dan menarik minat warga untuk mencoblos," katanya.

Ia menjelaskan, bahwa konsep pesta pernikahan ini adalah hasil dari musyawarah warga TPS sekitar dan biayanya pun hasil dari sumbangan mereka.

"Warga sini juga mempunyai moto siapa pun pilihannya tetap bertetangga," katanya.

Sementara itu Wali Kota Bandarlampung Herman HN menjelang pemilu serentak ini melakukan tinjauan ke sejumlah kelurahan untuk melihat kesiapan pesta demokrasi ini.

Dalam tinjauannya wali kota juga menghimbau kepada warga Bandarlampung untuk menyukseskan pemilu dengan hadir ke TPS untuk menyalurkan hak pilihnya.

"Ibu/bapak datang ya ke TPS pilih-pilihan sesuai hati nurani masing-masing," kata yang akan melakukan pencoblosan di TPS 011, Kelurahan Palapa, Kecamatan Tanjungkarang Pusat.

Baca juga: Warga Surabaya bangun TPS unik bertema Bhinneka Tunggal Ika
Baca juga: Di Depok, pemilih dijemput dengan mobil "odong-odong"
Baca juga: Unik, TPS di Kupang dihiasi pernak-pernik Piala Dunia

 

Pewarta: Dian Hadiyatna
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2019