Mamuju (ANTARA) - Petugas keamanan tempat pemungutan suara (TPS) 8 Lembang Lembang Kecamatan Limboro Kabupaten Polewali Mandar yang meninggal saat menjalankan tugas dianggap pahlawan demokrasi.

Anggota KPU Sulbar, Farhanuddin di Mamuju, Minggu mengatakan, dari data yang diperoleh dari KPU Polewali Mandar, petugas pengamanan di TPS 8 Lembang Lembang, Kecamatan Limboro yang meninggal bernama Abdul Talib.

Ia mengatakan, sejak 16 April 2019 almarhum telah bertugas ikut mendirikan TPS, dan kemudian begadang menjaga logistik pemilu sampai akhirnya meninggal dunia karena kelelahan.

"Mereka yang wafat saat bertugas menyelenggarakan pemilu adalah pahlawan demokrasi, semangat dan pengorbanan mereka adalah inspirasi bagi kami untuk terus bekerja menyelesaikan berbagai tahapan pemilu ke depannya," kata Farhanuddin.

KPU Provinsi Sulbar menggelar doa bersama untuk para penyelenggara pemilu yang wafat saat menjalankan tugas diberbagai daerah di Indonesia.
Farhanuddin mengatakan, selain doa bersama, KPU Sulbar akan menghimpun dana bagi keluarga almarhum yang ditinggalkan.

"Kami mendoakan semoga arwah mereka mendapat tempat terbaik di sisi-Nya, mereka telah berjuang untuk terselenggaranya pemilu dengan baik," ujarnya.

Ia mengatakan, duka mendalam telah menyelimuti jajaran penyelenggara pemilu di tanah air, belasan penyelenggara pemilu di tingkat TPS atau KPPS juga dilaporkan meninggal dunia saat menjalankan tugas pemungutan dan penghitungan suara di berbagai daerah di Indonesia.

"Korban lainnya dilaporkan merupakan penyelenggara TPS di provinsi Jawa Barat, kami turut merasakan duka mendalam atas wafatnya para penyelenggara pemilu saat menjalankan tugas," katanya.

Pewarta: M.Faisal Hanapi
Editor: Yuniardi Ferdinand
Copyright © ANTARA 2019