counter

Copa America 2019

Brazil gunakan teknologi pengenal wajah untuk amankan Copa America

Brazil gunakan teknologi pengenal wajah untuk amankan Copa America

Stadion Fonte Noa Arena di Salvador, Brazil (wikipedia)

Jakarta (ANTARA) - Brazil akan memanfaatkan teknologi pengenal wajah untuk meningkatkan keamanan selama kejuaraan sepak bola Copa America 2019 Juni-Juli mendatang.

Stadion Fonte Noa Arena di Salvador menjadi salah satu venue yang sudah dilengkapi dengan sistem pengamanan tersebut, dan terbukti bermanfaat saat acara karnaval kota pada Maret lalu.

"Kami akan bisa membatasi akses bagi orang-orang yang tidak diinginkan (masuk ke stadion)," kata koordinator keamanan Copa America Hilario Medeiros seperti dikutip Xinhua, Sabtu.

Ia menambahkan, petugas keamanan akan bekerja sama dengan Interpol dan agen-agen penegak hukum internasional untuk membuat database orang-orang yang perlu diwaspadai.

Dalam sistem pengamanan melalui deteksi wajah itu sejumlah kamera dipasang di dalam dan sekitar stadion untuk mentransmisikan gambar-gambar ke pusat pengawasan yang terintegrasi, di mana para operator akan dapat melakukan cek silang dengan database kepolisian.

Jika ada yang mencurigakan, peringatan akan disampaikan dari ruang kendali ke unit-unit patroli.

Kejuaraan sepak bola antarnegara Amerika Selatan itu akan digelar di lima kota di Brazil pada 14 Juni hingga 7 Juli 2019 yakni Salvador, Rio de Janeiro, Sao Paulo, Belo Horizonte dan Port Alegre.

 

Pewarta: Teguh Handoko
Editor: Atman Ahdiat
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar