counter

Metropolitan

Blokade jalan seputar Istana Merdeka dibuka

Blokade jalan seputar Istana Merdeka dibuka

Polisi mengatur lalu lintas di Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta, setelah blokade jalan selama aksi buruh, Rabu (1/5/2019). (ANTARA/Suwanti)

Jakarta (ANTARA) - Petugas gabungan TNI dan polisi membuka blokade ruas-ruas jalan di kawasan Istana Merdeka, Jakarta, sekitar pukul 17.45 WIB Rabu.

Hal dilakukan setelah massa aksi peringatan Hari Buruh Sedunia 2019 yang terpusat di depan Monumen Arjuna Wijaya atau Patung Kuda membubarkan diri mulai pukul 17.15 hingga 17.30 WIB.

Sejumlah ruas jalan yang sempat diblokade itu adalah Jalan Majapahit, Jalan Veteran, Jalan Abdul Muis, Jalan Medan Merdeka Utara, serta Jalan Medan Merdeka Barat tepat sebelum Patung Arjuna Wijaya.

Blokade jalan diterapkan untuk membuat kawasan Istana Merdeka "steril" dari demonstrasi buruh. Dari pantauan ANTARA, situasi di kawasan ini kondusif selama aksi berlangsung.

Sesaat sebelum blokade jalan dibuka, alat negara yang berjaga dan sebelumnya membentuk pagar betis menarik diri dan kembali ke pos di dalam kawasan Monumen Nasional.

Selain itu, aparat juga menarik alat-alat penjagaan seperti mobil meriam air (water canon) dan mobil anti huru-hara dari titik penjagaan itu.

Saat ini, kondisi lalu lintas di sekitar kawasan Istana Merdeka sudah kembali normal, sejumlah kendaraan melintasi jalanan di kawasan ini secara lancar.

Baca juga: Situasi kawasan Istana tetap kondusif usai aksi buruh
Baca juga: Kapolda Sumsel terima nasi tumpeng dari buruh
Baca juga: KSPSI Maros berharap dewan pengupahan segera dibentuk



 

Pewarta: Ade P Marboen
Editor: Tasrief Tarmizi
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar