Jayapura (ANTARA) - Razia atau sweeping yang dilaksanakan Yonif 126/KC yang tergabung dalam satgas pengamanan perbatasan RI-PNG di kawasan jalan Trans Papua yakni di kampung Uskuard, Distrik Waris, Kabupaten Keerom berhasil mengamankan satu pucuk air softgun.

Air softgun yang ditemukan saat merazia kendaraan yang melintas didepan pos KM 76 yang berada di lintasan jalan Trans Papua itu, Sabtu (4/5), kata Dan Yonif 126/KC Letkol Inf Muljo Djunaedi kepada Antara di Jayapura, Minggu.

Dikatakan, pistol yang saat ini diamankan di pos kotis 126 di Arso itu ditemukan di dalam kendaraan salah satu kendaraan yang melintas saat dilakukan razia dipimpin Sertu Josua Hasibuan beserta 10 personel.

Pistol yang ditemukan didalam jok depan yang dikemudikan Irfan (32 th) itu, kata Djunaedi seraya menambahkan, namun yang bersangkutan mengaku tidak mengetahui senjata tersebut milik siapa.

“Anggota sudah mengamankan pistol tersebut, dan ini yang kedua kalinya senpi diamankan karena sebelumnya senpi rakitan diamankan dari warga di Kout dan kini sudah diserahkan ke Korem 172/PWY selaku Kolaksops,” kata Djunaedi.

Komandan Yonif 126 mengaku, razia akan terus dilakukan diberbagai pos yang menjadi wilayah tugasnya guna mencegah kegiatan dan peredaran barang ilegal di perbatasan mengingat Waris Komandan Satgas Yonif 126/KC Letkol Inf Mulyo Djunaidi menyampaikan bahwa sweeping akan terus dilakukan untuk menciptakan situasi yang aman dan mencegah kegiatan ilegal maupun peredaran barang-barang yang ilegal di wilayah perbatasan.

Apalagi wilayah tersebut juga berada di perbatasan RI-Papua Nugini (PNG), kata Letkol Inf Djunaidi.

Pewarta: Evarukdijati
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2019