Tanah Bumbu (ANTARA) - Jumlah calon penumpang pesawat terbang rute Bandara Bersujud Batulicin-Syamsudin Noor Banjarbaru, Batulicin-Makasar sejak awal Ramadhan 1440 Hijiriah terus meningkat.

"Bahkan kenaikannya mencapai 40 persen dibandingkan dengan kondisi normal," kata Kepala Sub Bagian Tata Usaha UPTD Bandara Bersujud, Surya, di Batulicin, Kamis.

Dia mengatakan, jumlah rata-rata penumpang dalam kondisi normal kisaran 30-40 orang setiap penerbangan, namun saat ini mengalami peningkatan hingga mencapai 72 orang.

Ia memperkirakan di Bandara Bersujud mulai terjadi arus mudik, sehingga jumlah penumpang naik dari kondisi normal.

Penumpang memilih mudik lebih awal, untuk mengantisipasi naiknya harga tiket dan kemacetan menuju daerahnya.

"Seperti biasa, mendekati hari raya di sepanjang jalan di kota-kota besar seperti Banjarmasin, Surabaya, Makassar akan mengalami kemacetan, oleh sebab itu banyak masyarakat yang melaksanakan mudik Lebaran lebih awal untuk menghindari kemacetan tersebut," katanya.

Jumlah penumpang pesawat pada musim mudik Lebaran tahun ini akan mengalami peningkatan hingga 50 persen dibandingkan tahun sebelumnya, karena bertepatan dengan libur sekolah.

Di Bandara Bersujud Batulicin saat ini hanya ada satu maskapai yang melayani penerbangan dengan rute Batulicin-Banjarmasin pergi-pulang (PP) yang dijadwalkan setiap hari pukul 11.00 wita.

Sedangkan rute Batulicin-Makasar PP penerbangannya dijadwalkan setiap hari pukul 07.00 yang dilayani oleh Maskapai Wings Air.

Sebelumnya, di Bandara Bersujud ada dua maskapai yang mengoperasikan pesawatnya, yakni Wings Air dan Nam Air, namun saat ini Nam Air sudah tidak beroperasi.***1***

Pewarta: Imam Hanafi
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2019