counter

Bursa saham Australia berbalik, ditutup lebih tinggi

Bursa saham Australia berbalik, ditutup lebih tinggi

Ilustrasi bursa saham Australia (antaranews.com)

Sydney (ANTARA) - Bursa saham Australia telah membalikkan kerugian awal menjadi berakhir lebih tinggi pada perdagangan Selasa sore waktu setempat.

Pada penutupan pasar indeks acuan S&P/Indeks ASX 200 naik 24,00 poin atau 0,37 persen menjadi diperdagangkan pada 6.500,10. Sedangkan Indeks All Ordinaries yang lebih luas naik 19,70 poin atau 0,30 persen menjadi 6.584,40.

Saham bank-bank Australia menguat menjelang sore yang mendorong indeks secara keseluruhan kembali ke wilayah positif.

"Kemenangan Koalisi yang mengejutkan telah menghilangkan ketidakpastian seputar reformasi kebijakan yang diusulkan oleh Partai Buruh," kata analis pasar Commsec, Steven Daghlian.

Asuransi kesehatan swasta, bank, perusahaan produk bangunan, dan beberapa pengecer, telah mendapat manfaat besar dari kepastian pasca-pemilihan.

Sementara sisa indeks lainnya bergerak lebih rendah kecuali untuk layanan komunikasi yang meningkat 0,78 persen.

Saham-saham teknologi mengikuti petunjuk global yang lemah dan berakhir penurunan tajam 3,49 persen.

Pada sektor keuangan saham bank-bank besar Australia melonjak dengan Commonwealth Bank naik 2,03 persen, ANZ naik 2,05 persen, National Australia Bank naik 1,15 persen, dan Westpac Bank naik 2,70 persen.

Sementara sebagian besar saham pertambangan jatuh dengan Rio Tinto turun 1,10 persen, Fortescue Metals turun 2,39 persen, dan BHP turun (0,71 persen). Namun penambang emas Newcrest naik 0,08 persen.

Saham produsen minyak dan gas negara itu juga ikut anjlok, dengan Oil Search turun 0,13 persen, Santos tidak berubah, dan Woodside Petroleum turun 0,08 persen.

Sedangkan saham supermarket terbesar Australia ditutup bervariasi dengan Coles naik 0,93 persen dan Woolworths turun 3,07 persen.

Saham raksasa telekomunikasi Telstra melambung 1,41 persen, perusahaan penerbangan nasional Qantas merosot 0,56 persen, dan perusahaan biomedis CSL naik tipis 0,06 persen.
 

Penerjemah: Risbiani Fardaniah
Editor: Faisal Yunianto
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar